28 July 2012

by wiku

Bali Kini Punya Perpustakaan Digital Karya Anak SMA

Dunia digital lokal memiliki karya baru lagi, kali ini hadir dari siswa-siswi SMA Negeri 3 Denpasar yang telah meluncurkan perpustakaan digital hasil karya mereka.

Perpustakaan ini merupakan proyek dari para pelajar yang tergabung dalam Madyaparda Journalistic Park, yang merupakan salah satu ekstra yang ada di SMA Negeri 3 Denpasar. Wadah ini adalah wadah jurnalistik untuk para pelajar di SMA ini.

Seperti yang dikutip dari OkeZone, nantinya para pembaca yang telah mendaftarkan diri bisa mengunduh buku-buku yang ada di situs ini dengan melakukan pembayaran melalui transfer bank. Ini juga menjadi salah satu bentuk kewirausahaan dari para pelajar di SMAN 3 Denpasar.

Buku-buku hasil karya para pelajar ini akan diungah ke situs www.madyapadmadigitallibrary.com. Di situs yang berfungsi sebagai perpustakaan digital ini masyarakat bisa melihat koleksi karya para pelajar dan membelinya. Namun demikian, ketika mencoba mengakses salah satu buku yang ada di perpustakaan digital ini, ternyata kita bisa mengakses buku secara gratis via web, dengan tampilan menggunakan layanan FlipBook.

Kabar yang menyenangkan karena para pelajar ini bisa mengambil sisi positif dari perkembangan internet, mereka berkarya tidak hanya dari sisi jurnalistik atau tulisan saja tetapi juga di sisi kewirausahaan.

Tertarik untuk melihat perpustakaan digital, yang dikatakan pertama di Bali ini? Anda bisa mengaksesnya di link ini.