1. Startup

Bandung Startup Pitching Day 2020 Berhasil Digelar, Diikuti 50 Startup dan 31 Pemodal Ventura

Brave, Mejakita, KODI, Nano Natura, Sgara jadi yang terbaik di masing-masing kategori

Thegreaterhub SBM ITB, LPIK ITB, Startup Bandung, Startup Grind Bandung, Geek Hunter, dan Block71 Bandung didukung oleh Endeavor dan Coworking Indonesia berkolaborasi menyelenggarakan “Bandung Startup Pitching Day 2020”. Kegiatan tahunan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan ekosistem startup  di Indonesia. Selain itu juga diharapkan dapat membuka akses/peluang pendanaan bagi startup baru yang potensial bertumbuh, di samping sebagai ajang exposure terkait.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online pada tanggal 24 Juli 2020. Dari 175 startup yang mendaftarkan diri, terpilih 50 startup terbaik yang memiliki bold idea dengan berbasis teknologi dalam memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan unik Indonesia. Mereka datang dari berbagai kategori, mulai dari fintech, edtech, legaltech, healthtech, dll.

Adapun 50 startup itu adalah:

Ajar BelajarLauncher.id
Akademis.idLovia
Bagi Kopi ExpressMejakita
Bell SocietyModular
BersihinMulaiDisini
BiztripsMuslimlife
BraveNano Natura
BrodewijkNasho
CARIMOBILNeurontech
D’KapsterPateron
DesamartPhiloit
DjalandjalanPitchplay
eCLIS.idRepla
EcoplastIDSgara
EdukuShoecasing
EdulensSinaps
Ekuitas HomeSportigo
eLarvaeSurplus Indonesia
FelisThe Tutors
Gets idTinggalMasak
HearoTresnan
Internusa CapitalVirtualPro Basketball
IZIFILLWegrow
Jawara Bersih NusantaraWonikah.com
KODIXplorin

Sementara dari pihak tim penilai hadir perwakilan dari pemodal ventura dari dalam dan luar negeri, yakni:

1982 VenturesGobi Ventures
AC VenturesGrupara Ventures
Access VenturesIdeosource
Alpha JWC VenturesIndogen Capital
Alpha MomentumInit-6
ANGINMDI Ventures
ATM CapitalPrasetia Dwidharma
Bace CapitalSkystar Ventures
BRI VenturesSpiral Ventures
Coffee VenturesSTRIVE
Cyber AgentTelkomsel Innovation Center
Discovery Nusantara CapitalUMG Idealab
FicusVenturra Discovery
Finch CapitalVertex Ventures
Global Founders CapitalWavemaker
Go VenturesDan beberapa angel investor

Beberapa perwakilan dari program akselerator juga turut hadir sebagai tim penilai, di antaranya Oorange, Indigo Incubator, Cubic, Endeavor, Kolaborasi, dan Supernovae.

Di akhir acara pitching dipilih top 5 awards berdasarkan penilaian dewan juri yang hadir. Adapun startup yang berhasil meraih award tersebut adalah Brave (Most innovative), Mejakita (Best Pitch), KODI (Most Impactful), Nano Natura (Most Promising), dan Sgara (Most Marketable).

Thegreaterhub SBM ITB sendiri yang menjadi inisiator acara ini merupakan pengembangan bisnis multi-platform di bawah Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Sekolah Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mahasiswa ITB pada khususnya dan generasi muda Bandung secara umum. Fasilitas yang diberikan dalam bentuk fisik (ruang kerja dan ruang pembuat) dan non-fisik (program inkubasi, percepatan, dan pengembangan keterampilan yang direncanakan). Unit pengembangan bisnis ini sudah berdiri sejak tahun 2016 dan telah menginkubasi 198 startup.

Dalam kegiatannya The Greater Hub SBM ITB berkolaborasi dengan LPIK ITB yang merupakan Lembaga yang didirikan untuk mendorong pemanfaatan hasil-hasil penelitian di Perguruan Tinggi juga bekerja sama dengan komunitas Startup Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dengan anggota lebih dari 100 startup yang berdomisili di Bandung.

Kemudian dengan Startup Grind Bandung sebagai komunitas startup tingkat global di bawah program #GoogleForEntrepreneur yang sudah memiliki cabang di lebih 250 kota yang tersebar di 100 negara, salah satunya di Bandung. Lalu dengan Geek Hunter sebagai startup perekrutan kerja khusus IT terkemuka asal Bandung yang berdiri sejak Juli 2013, dan Block71 Innovation Factory yang turut serta membangun ekosistem bisnis di Bandung.

More Coverage:

-

Disclosure: DailySocial merupakan media partner Bandung Startup Pitching Day 2020

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again