Interview

Bangun Platform "White Label", Strategi Klikdaily Percepat Digitalisasi Rantai Pasok

Luncurkan layanan TokoNiaga; terdapat 300 brand yang telah bekerja sama dengan Klikdaily

Di tengah potensi digitalisasi warung yang masih besar, Klikdaily mengambil diferensiasi yang mencolok agar tetap menjadi pilihan di industri. Dibandingkan pemain lain yang fokus sebagai distributor, Klikdaily sebagai startup supply chain tech enabler fokus pada platform teknologi terintegrasi dan pengembangan brand privat.

Dijelaskan oleh Head of Public Relations & Branding Klikdaily Rizky Novita Lestari, melalui kerja sama dengan produsen, pengusaha, maupun korporasi, produk-produk ini didistribusikan melalui sistem distribusi yang telah terintegrasi secara vertikal dan didukung oleh end-to-end integrated supply chain management (ISCM). “Dengan demikian, Klikdaily sebagai supplier dapat bekerja-sama dengan pemain supply chain yang lain untuk dijadikan salah satu channel distribusi,” katanya kepada DailySocial.id.

Luncurkan TokoNiaga

Salah satu bentuk implementasi dari ISCM adalah peluncuran TokoNiaga yang merupakan hasil kerja sama strategis dengan PT Niaga Nusa Abadi (NNA). Rizky menerangkan, TokoNiaga merupakan bentuk white-label application untuk NNA yang didukung oleh teknologi Klikdaily. Dari sisi operasional, NNA yang memiliki pengalaman dan jaringan distribusi yang luas dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjual produk-produk NNA, dan barang konsumsi yang disediakan oleh Klikdaily.

Melalui end-to-end supply chain management, Klikdaily dapat mengoptimalkan utilisasi gudang hingga pengolahan data penjualan secara riil dan akurat yang dapat digunakan brand principal untuk menentukan strategi penjualan yang tepat. Lebih dari itu, data transaksi juga dapat digunakan untuk menjual produk white-label yang memiliki permintaan pasar yang tinggi di masing-masing kota.

More Coverage:

GudangAda, Solusi Manajemen Stok Barang untuk Warung Modern

Melalui TokoNiaga, bisnis distribusi NNA akan memperluas diversifikasi produknya, salah satunya produk bahan pokok. Hal tersebut membuktikan posisi strategis Klikdaily yang telah menyediakan sistem distribusi digital untuk banyak perusahaan FMCG dan ritel di Indonesia. Terdapat 300 brand yang telah bekerja sama dengan Klikdaily. Pada langkah awal, Klikdaily bersama NNA melakukan kick off perdana di Denpasar, Bali.

Rizky meyakini, dengan mengombinasikan masing-masing keahlian ini, perusahaan meyakini bahwa TokoNiaga dapat membantu UMKM untuk memperoleh barang konsumsi dengan mudah dan harga yang terjangkau. “Teknologi ini mudah untuk diintegrasikan oleh distributor mana pun, dan teknologi dapat dibantu rebrand atau white-label sesuai dengan keinginan distributor atau mitra distribusi Klikdaily.”

Secara terpisah, melalui keterangan resmi, CEO dan Founder Klikdaily Amos Gunawan mengatakan, “Klikdaily berhasil menyediakan sistem teknologi terintegrasi yang mudah digunakan oleh semua partner bisnis, mulai dari brand principal, distributor hingga ritel. Kolaborasi ini, selain membantu pada proses bisnis NNA dan mitra UMKM, juga akan semakin menguatkan posisi Klikdaily dan NNA di industri ritel.”

Distribution Director NNA Daniel Dani menambahkan, “NNA berkolaborasi dengan Klikdaily untuk mendigitalkan proses distribusi bisnis kami. Tidak terbatas hanya sistem distribusi barang saja, ke depannya akan ada beberapa rencana bisnis strategis yang akan kami jalankan bersama. Harapannya, dengan integrasi bisnis berbasis sistem digital yang didukung oleh Klikdaily, menjadi salah satu kekuatan kami dalam ekspansi bisnis.”

More Coverage:

Mengenal "Iklan Pintar", Salah Satu Model Bisnis yang Coba Dioptimalkan Warung Pintar

Terkait alasan memilih Bali sebagai kick off perdana TokoNiaga, Rizky menuturkan bahwa pihaknya melihat potensi pasar yang besar dan bertumbuh di Bali. Didukung oleh perekonomian Bali yang perlahan membaik dibanding awal-awal periode pandemi di 2020-2021. Data Badan Pusat Statistik Provinsi Bali menunjukkan, ekonomi Bali kuartal II 2021 tercatat tumbuh sebesar 5,73% jika dibandingkan pada kuartal I 2021.

“Walaupun begitu, banyak UMKM di Bali yang memiliki kesulitan untuk memperoleh barang konsumsi karena masih terpaku pada kebiasaan tradisional dan offline yang kurang efisien. Padahal di era digital ini, kami berharap UMKM sudah dapat menggunakan sistem yang lebih modern dan dapat membantu keseharian mereka. Maka itu, kami melihat peluang untuk membantu UMKM dan ekonomi di Bali.”

Rizky melanjutkan, perusahaan menargetkan dapat meningkatkan penetrasi penggunaan aplikasi TokoNiaga di kalangan UMKM di seluruh Indonesia dalam rangka membantu pengadaan barang. “Ke depannya, kami dapat membantu sistem operasional agar UMKM dapat bekerja lebih modern.”

Strategi di atas adalah salah satu dari rangkaian solusi yang dimiliki Klikdaily yang juga membangun platform fisik minimart dengan skema kemitraan didukung oleh layanan new retail (1Mart), memberikan solusi end-to-end dari pendanaan, promosi pintar, hingga pemasaran untuk UMKM.

More Coverage:

5 Fitur Lengkap Warung Pintar untuk Bantu Kegiatan Usaha

Rantai pasok memiliki nilai bisnis yang besar di Indonesia. Berdasarkan data dari penasihat independen Supply Chain Indonesia (SCI), sektor supply chain rata-rata tumbuh lebih dari 12% per tahun dan di tahun 2020 menyumbang hampir Rp 1,000 triliun terhadap ekonomi Indonesia.

Untuk mendukung ekspansi bisnis, disebutkan bahwa perusahaan sudah mempersiapkan putaran pendanaan terbaru. Klikdaily terakhir kali mengumumkan pendanaan Seri A yang dipimpin oleh Global Founders Capital (GFC) pada Mei 2020. Tepat pada setahun sebelumnya, mendapat suntikan dana pra-seri A dari GFC, Pegasus Capital, Fundedhere, dan Teja Ventures.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter