Bank DBS, Bank dengan Inovasi Digital yang Mendapatkan Pengakuan Dunia

Bank DBS, Bank dengan Inovasi Digital yang Mendapatkan Pengakuan Dunia

DBS Euromoney Award / DBS
DBS Euromoney Award / DBS

Dunia perbankan tidak lepas dari perkembangan digital. Ranah fintech telah menjadi pilihan baru bagi para startup teknologi untuk mengembangkan layanan. Lalu bagaimana dengan perusahaan yang telah mapan seperti perbankan misalnya?

Perbankan tidak bisa lepas dari inovasi dan harus merancang agenda digital secara menyeluruh, tidak hanya digitalisasi aspek perbankan tetapi yang menciptakan institusi finansial yang sepenuhnya bersifat digital.

Salah satu bank yang telah berinovasi di segmen digital dan mendapatkan penghargaan sebagai bank digital terbaik di dunia adalah Bank DBS. Belum lama ini Bank DBS dinobatkan sebagai bank digital terbaik dan menjadi bank Asia pertama yang memperoleh penghargaan Euromoney untuk kategori “bank digital terbaik”.

Bank DBS dipilih karena telah mampu menerapkan digitalisasi yang lebih baik dibandingkan dengan bank lainya. Inovasi digital pada setiap segmen bisnis telah dijalankan, mulai dari layanan untuk konsumen umum maupun korporasi, segmen UKM serta segmen perbankan transaksional sampai dengan yayasan sosial lewat DBS Foundation.

Penghargaan ini membuktikan Bank DBS mengambil jalur yang tepat, di mana persiapan selama tiga tahun ke belakang pada agenda digital mendapatkan pengakuan global. Perubahan kultur dan pola pikir pegawai, merancang ulang teknologi infrastruktur atau memaksimalkan Big Data adalah proses yang dijalani Bank DBS. Tidak hanya itu penerapan teknologi biometrik dan kecerdasan buatan juga dijalankan dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen dalam melakukan aktivitas perbankan mereka.

Beberapa langkah konkret yang dilakukan Bank DBS untuk membangun institusi yang sepenuhnya bersifat digital antara lain merilis Digibank di India, sebuah inisiatif produk bank berbasis mobile-only pertama di India. Dengan Digibank, pengguna bisa menikmati layanan digital dari perbankan secara menyeluruh. Mulai dari perbankan tanpa kantor cabang, kertas atau tanda tangan manual karena telah menggabungkan inovasi teknologi terobosan seperti biometrik dan kecerdasan buatan untuk memberikan pengalaman layanan perbankan terbaik dan mudah bagi konsumen.

Bank DBS juga menerapkan integrasi digital untuk nasabah retail, wealth management dan korporasi. Misalnya nasabah baru wealth management bisa membuka rekening secara digital atau lebih dari setengah nasabah SME yang terdaftar lewat DBS Online Opening Service. Tidak hanya itu, 90% transaksi pengiriman uang oleh konsumen dilakukan lewat platform digital DBS Remit. Akhir tahun 2016, DBS akan memperkenalkan otentikasi biometrik suara untuk Singapore Costumer Centre.

Dari segmen fintech, DBS juga mendorong karyawan dalam mengadopsi pola pikir digital lewat program seperti hackathon. Dari program ini para karyawan bisa belajar langsung budaya digital, metodologi agile dan konsep digital lainnya.

Sedangkan dari sisi penggunaan teknologi pendukung untuk kerja, bank DBS juga menggunakan sarana produktivitas berbasis cloud, office 365, di lingkungan kerja mereka. Dimulai dari Singapura dan akan berlanjut ke seluruh karyawan.

Perkembangan teknologi digital yang terus berkembang memang sudah sejatinya juga diadopsi oleh institusi seperti perbankan. Konsumen pun kini semakin ramah digital dengan perkembangan smartphone yang telah semakin masuk dalam kehidupan mereka. Penggunakan teknologi AI dan biometrik sebagai pengganti password berbasis SMS adalah inovasi yang menarik dan bisa memudahkan konsumen perbankan.

Produk perbankan digital DBS yang bernama Digibank sendiri telah tersedia untuk konsumen di India. Teknologi AI-nya bisa membantu memberikan informasi pada nasabah tentang saldo atau pencarian transaksi yang telah dilakukan. Identifikasi biometrik bisa menghilangkan keribetan untuk menunggu SMS sebagai one time password.

Bagaimana dengan Indonesia? DBS sendiri memang telah hadir di tanah air sejak 27 tahun lalu yang berfokus pada layanan perbankan korporasi dan perbankan untuk konsumen termasuk wealth management. Tentunya akan menarik jika layanan digital seperti Digibank ini bisa dinikmati oleh konsumen lokal. Kabarnya layanan ini juga akan hadir di Indonesia.

Inovasi yang dilakukan Bank DBS dalam ranah digital yang mendapatkan pengakuan dari media finansial terbesar Eropa dan dunia tentunya memberikan apresiasi yang baik serta menambah kepercayaan konsumen. Era digital akan menjadikan layanan perbankan lebih mudah dan nyaman, dan Bank DBS telah menjadi pelopor untuk hal tersebut.

*) Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Bank DBS.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Feature
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…