Bank Mandiri Manfaatkan Sistem Amartha dan KoinWorks Untuk Penyaluran Kredit UMKM

Bank Mandiri Manfaatkan Sistem Amartha dan KoinWorks Untuk Penyaluran Kredit UMKM

KoinWorks dan Amartha tergabung sebagai portofolio Mandiri Capital Indonesia
Peresmian kerja sama antara Bank Mandiri dengan Amartha dan KoinWorks / Bank Mandiri
Peresmian kerja sama antara Bank Mandiri dengan Amartha dan KoinWorks / Bank Mandiri

Bank Mandiri meresmikan kerja sama dengan Amartha dan KoinWorks untuk pemanfaatan profiling calon debitur potensial yang bisa menerima kredit UMKM, demi mencegah potensi terjadinya NPL di kemudian hari. Hal ini sekaligus jadi upaya Bank Mandiri dalam meningkatkan kinerja penyaluran kredit produktif dan UKM.

Amartha dan KoinWorks akan mereferensikan mitra UMKM yang yang sesuai dengan kriteria Bank Mandiri. Amartha akan fokus memberikan rekomendasi nasabah dari kalangan UMKM konvensional, sementara KoinWorks khusus untuk penjual online.

Selanjutnya, Bank Mandiri akan menentukan mitra UMKM mana yang dapat memperoleh fasilitas kredit. Seleksi Amartha dan KoinWorks diharapkan dapat membantu Bank Mandiri meminimalisir peluang terjadinya NPL di kemudian hari.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang mengatakan sinergi perbankan konvensional dan perusahaan fintech sangat strategis untuk memberikan akses pembiayaan ke pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah agar mereka mampu berkembang.

“Bank Mandiri akan memanfaatkan sinergi dengan Amartha dan KoinWorks untuk memperkuat penetrasi pembiayaan hingga ke kelompok-kelompok usaha yang masih belum bisa dijangkau atau unbanked karena struktur usaha dan arus kas yang masih belum memenuhi syarat bank konvensional,” terangnya, Senin (27/8).

Dengan memanfaatkan rekomendasi dari kedua fintech ini, sambungnya, perseroan memastikan dapat menjangkau rentang nasabah UMKM lebih luas. Sehingga dapat mengakomodasi keterbatasan dari mitra UMKM. Hingga Juli 2018, penyaluran kredit mikro produktif Bank Mandiri telah mencapai Rp35 triliun, sedangkan kredit UKM sebesar Rp52 triliun.

Direktur Amartha Aria Widyanto dan Co-Founder dan CEO KoinWorks Benedicto Haryono yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan Bank Mandiri dapat menjadi tambahan kapasitas pembiayaan yang lebih besar untuk para calon debitur di segmen UMKM ke depannya.

“Bank Mandiri diharapkan dapat menjadi institutional investor yang dapat memperluas pemberian modal kerja bagi UMKM yang berjualan secara online yang semakin primadona dalam perkembangan ekonomi di Indonesia,” pungkas Benedicto.

Baik Amartha dan KoinWorks tergabung sebagai portofolio di Mandiri Capital Indonesia (MCI), anak usaha khusus investasi Bank Mandiri. KoinWorks baru-baru ini mengumumkan perolehan pendanaan seri A senilai Rp230 miliar yang dipimpin oleh MCI. Sedangkan Amartha, sudah lebih dahulu menerima pendanaan seri A yang juga dipimpin oleh MCI pada tahun lalu dengan nilai lebih dari 40 miliar Rupiah.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…