Categories

Mobile

Bantu Anak Mengenali Hewan Hutan dengan Draw For Kids Versi Jungle Animal

DailySocial - 28 November 2014

Salah satu pengembang aplikasi lokal asal Yogya, Hicca Studio, resmi merilis aplikasi Draw for Kids versi Jungle Animal pada 17 November lalu untuk anak-anak agar dapat menggambar dan mengenali hewan hutan melalui perangkat bergerak. Hal ini didasari oleh pesatnya pertumbuhan teknologi saat ini yang membuat teknologi semakin dekat dengan siapa saja termasuk anak-anak  yang sudah dapat memegang perangkat mobile sesuka hati. Dunia anak-anak memang patut menjadi perhatian, karena tentu anak-anak masih belum paham mengenai konten mana yang patut untuk dikonsumsi dan yang tidak.

Anak-anak akan diajarkan bagaimana cara menggambar hewan dalam aplikasi ini, terutama binatang hutan. Saat ini terdapat sembilan hewan rimba yang dapat digambar. Pada saat menggambar, anak-anak akan dipandu dengan enam langkah yang mudah diikuti hingga selesai dibantu dengan tombol next dan back di bawah layar. Karakter hewan yang tersedia pun merupakan karakter yang orisinil ciptaan dari Hicca Studio.

Hal menarik lainnya adalah ketika menggambar karakter, anak-anak dapat mendengar suara dari hewan yang sedang digambar sehingga dapat membantu proses belajar mereka dalam mengenali hewan. Untuk menggambar karakter hewan ini, Hicca Studio meyediakan enam pilihan warna spidol cerah yang tentu disukai oleh anak-anak. Sayangnya warna hitam yang biasanya digunakan untuk membuat sketsa dasar tidak terdapat di sini.

Fitur lain yang terdapat dalam aplikasi ini untuk mendukung proses menggambar adalah Hapus, Reset, dan Simpan Gambar. Fitur Hapus dapat diakses melalui icon penghapus yang terdapat di sudut kiri bawah layar saat menggambar. Untuk fitur Reset terdapat di atas kanan tepat di bawah gambar tombol ikon Home. Fungsi fitur Reset ini sendiri yaitu untuk menghapus keseluruhan gambar dan memulainya kembali dari awal, sedangkan fitur Simpan Gambar diwakili dengan ikon gambar kamera yang terdapat di sudut kanan bawah layar. Dengan menggunakan fitur tersebut, gambar yang sudah selesai akan disimpan di galeri perangkat sehingga anak-anak dapat melihat hasil gambar mereka kembali.

Aplikasi yang ditujukan untuk anak-anak ini masih terus dikembangkan oleh Hicca Studio. Saat ini baru terdapat tiga aplikasi dengan seri Draw for Kids yang tersedia di Google Play untuk diunduh, yaitu Draw for Kids versi Jungle Animal, Draw for Kids versi Transportation, dan Draw for Kids versi Farm Animal. Jika melihat dari dalam aplikasi Draw for Kids sendiri, Hicca Studio sepertinya sudah berencana untuk mengeluarkan versi lainnya karena masih banyak slot kosong yang bertuliskan coming soon untuk aplikasi serupa. Sedangkan untuk ketiga aplikasi yang sudah tersedia dapat berjalan pada perangkat Android dengan sistem operasi 2.3 ke atas.

Sebelumnya Pelangi Interaktif Studio yang kini sudah bergabung dengan Hicca Studio pernah merilis aplikasi yang memang diperuntukan untuk anak-anak dengan judul Lagu Anak Indonesia. Melalui aplikasi ini anda bisa melihat animasi-animasi yang dikembangkan dengan sangat detil menyanyikan lagu-lagu anak khas lokal yang bisa anda tunjukkan ke anak-anak. Karakter animasi yang digunakan-pun orisinil buatan lokal dan sebelumnya juga sudah terbit dalam bentuk buku dan film animasi tiga dimensi.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Adjie Priambada.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter