Categories

Interview

Bantu UKM Indonesia Promosikan Produk, Facebook Luncurkan Shop Section

Menghadirkan fitur yang diklaim "UKM Friendly" dan kerap menggelar pelatihan untuk pelaku UKM di seluruh Indonesia

Yenny Yusra - 6 October 2016

Komitmen Facebook untuk membantu lebih banyak pelaku UKM melancarkan usahanya diperlihatkan dengan berbagai kegiatan hingga fitur-fitur yang terbilang 'UKM Friendly" di mobile dan desktop untuk kalangan pelaku usaha kecil menengah di Indonesia.

"Penelitian menunjukkan bahwa terdapat 60 juta UKM di Indonesia namun hanya 15 juta yang memiliki online presence. Hal ini memperlihatkan potensi besar UKM menumbuhkan bisnis secara global melalui mobile," kata Head of SMB Facebook Asia Tenggara Nadia Tan.

Dengan mengedepankan Facebook Page, kini pelaku UKM yang sudah memanfaatkan Facebook Page sebagai medium untuk berpromosi bisa memanfaatkan fitur terkini yaitu Shop Section. Fitur ini diklaim dirancang secara khusus untuk pelaku UKM untuk menampilkan produk yang dijual hingga berkomunikasi langsung dengan calon pembeli.

"Kami ingin membantu pelaku UKM yang belum bisa memaksimalkan situs milik mereka untuk kemudian menggunakan Facebook Page dengan fitur Shop Section untuk mempromosikan produk dan berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan," kata SMB Lead Facebook Indonesia Waizly Darwin kepada DailySocial.

Dalam fitur Shop Section, pelaku UKM yang ingin menampilkan produk andalannya dalam sebuah album lengkap dengan detil produk, bisa mengunggah foto-foto tersebut di Facebook Page. Selain informasi harga, calon pembeli yang ingin berkomunikasi langsung juga bisa memanfaatkan fitur message yang sudah tersedia di dalam Facebook Page Shop Section.

Facebook sendiri memang melihat potensi besar penggunaan layanannya sebagai sarana jual beli. Mereka baru saja merilis Marketplace yang memudahkan pengguna melakukan jual beli. Fitur ini sementara belum tersedia secara resmi di Indonesia.

"Diluncurkannya fitur ini setelah kami mendapat banyak feedback dari pengguna yang pada umumnya pelaku UKM yang ingin memindahkan semua foto produk serta informasi lengkap dalam Facebook Page mereka," kata Nadia.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh pengguna jika memanfaatkan fitur Shop Section dalam Facebook Page yaitu semua bisa dinikmati secara gratis tanpa adanya persyaratan apa pun, promosi usaha yang dimiliki bisa dilihat secara global.

"Dengan 264 juta pengguna Facebook di Asia Tenggara, 88 juta pengguna di Indonesia kami berkomitmen untuk membantu UKM di Indonesia membangun mobile presence sebagai cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan dan menumbuhkan bisnis mereka," kata Nadia.

Bermitra dengan Bank Mandiri dan menggelar pelatihan

Selama ini Facebook juga telah membantu pemilik bisnis dan pengusaha wanita di seluruh Indonesia mengadakan serangkaian pelatihan dan workshop edukasi. Kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan oleh pelaku UKM untuk belajar lebih baik meningkatkan usaha dan belajar langsung dari pakarnya.

Untuk memudahkan pelaku bisnis melancarkan kampanye promosi di Facebook, Facebook juga telah menggandeng Bank Mandiri sebagai metode pembayaran. Melalui kerja sama ini, pengiklan tidak lagi membutuhkan kartu kredit untuk membeli iklan di Facebook dan Instagram.

"Kami berkomitmen untuk memperdalam dukungan kami melalui investasi lokal, kesempatan edukasi dan lebih banyak lagi inisiatif yang bisa memberdayakan bisnis untuk tumbuh dengan Facebook dan Instagram," tutup Waizly.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter