1. Entrepreneur

Facebook Gelontorkan Rp 12,5M untuk Bantu UKM di Indonesia

Pandemi memukul hampir seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia dan bahkan dunia. UKM yang menggantungkan keberlangsungan bisnisnya pada kondisi ekonomi jadi salah satu yang paling terdampak.

Untuk membantu mengurangi dampak pandemi, Facebook menggulirkan serangkaian inisiatif guna memastikan UKM siap menyambut ketidakpastian situasi ekonomi akibat pandemi global. Diantaranya adalah dana bantuan senilai Rp 12,5 miliar, program pelatihan virtual, dan fitur produk di seluruh aplikasi Facebook untuk membantu mempromosikan bisnis lokal.

Pieter Lydian selaku Country Director untuk Facebook Indonesia mengatakan, “UKM saat ini mengalami masa-masa yang sangat sulit. Banyak dari mereka yang berusaha beradaptasi dan memanfaatkan platform online. Kami mendengarkan tantangan yang dihadapi para pemilik UKM dan ingin memberikan dukungan yang bermanfaat - termasuk dukungan finansial - untuk membantu mereka bangkit kembali, menata ulang strategi dan memulihkan kinerja usahanya,”

Fase pendaftaran program dana bantuan Facebook untuk UKM di Indonesia ini dibuka dari 6 Oktober hingga 13 Oktober 2020.  Namun, tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mengikuti program ini. Antara lain:

  • Pelaku UKM tidak diwajibkan untuk memiliki akun di Facebook sebagai syarat pendaftaran.
  • UKM wajib memiliki 2 - 50 karyawan
  • UKM telah beroperasi lebih dari satu tahun dan menghadapi kesulitan dikarenakan situasi pandemi.

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah UKM memenuhi syarat pendaftaran dan informasi tentang pendaftaran program dana bantuan, silahkan mengunjungi: https://www.facebook.com/business/boost/grants

Facebook bermitra dengan Deloitte Consulting dan Goodera untuk meninjau pendaftar yang masuk, menyeleksi UKM, dan mendistribusikan dana bantuan kepada UKM terpilih.

Pembekalan UKM

Selain menggelontorkan bantuan berupa stimulus pendanaan, Facebook juga menyelenggarakan sejumlah webinar gratis untuk membantu pelaku usaha kecil membawa bisnis mereka ke ranah digital dan beradaptasi dengan cepat guna menghadapi normal baru sekarang ini.

Tak cuma itu, pemilik UKM juga bisa bergabung di program Boost with Facebook, dimana pelaku UKM nantinya dapat mengakses berbagai hal bermanfaat, seperti saran dari para ahli dan sesama pemilik UKM, dan mengunjungi Business Resource Hub dari Facebook, yang berisikan tips, fitur, dan pelatihan online gratis untuk membantu UKM tetap terhubung dengan para pelanggan.

Program webinar gratis bisa diakses di laman Free Facebook Webinars di mana nantinya akan ada banyak resource bermanfaat untuk UKM yang ingin membawa bisnisnya ke ranah digital.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again