5 June 2015

by wiku

Telkomsel dan Pemkab Banyuwangi Rilis Aplikasi 'Banyuwangi in Your Hand'

Dalam rangkaian acara tahunan uji jaringan atau Network Drive Test menghadapi momen Lebaran, Telkomsel dan pemerintah kabupaten Banyuwangi meluncurkan aplikasi Banyuwangi in Your Hand.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam sabutan di pendopo menjelaskan tentang tentang konep smart kampung untuk memberdayakan dan mempercepat proses pembangunan di Banyuwangi. Mendorong terus pemanfaatan IT untuk PNS dan pemerintahan secara keseluruhan.

Sebelumnya Pemkab telah meluncurkan aplikasi  pariwisata berbasis Android dan ditingkatkan dengan Banyuwangi in Your Hand.

Pariwisata menjadi salah satu bagian pemerintahan yang didukung dengan pemanfaatan IT, selain bidang pendidikan.

Banyuwangi in Your Hand sendiri adalah aplikasi untuk perangkat Android yang berisi informasi tentang kota Banyuwangi. Terdapat fitur augmented reality dengan tambahan aplikasi layar atau bisa juga dengan scan objek yang telah logo tertentu.

Aplikasi ini akan menghadirkan kemudahan dalam mendapatkan informasi terkait pariwisata, update kegiatan, pelayanan masyarakat dan beberapa hal lain. Aplikasi ini mendukung pengembangan dan pelaksanaan smart city kabupaten Banyuwangi. Selain itu dengan aplikasi ini diharapkan komunikasi antara pemerintah dan pelaku industri kreatif serta masyarakat akan saling terintegrasi.

Aplikasi juga mengedepankan interkoneksi dengan E-Gov lalu dengan hotel, tempat pariwisata, museum, resto, dan industri kreatif lain. Aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang pamer virtual yang dihantarkan lewat aplikasi.

Pengguna tinggal scan atau search melalui direktori yang ada. Data sebagian dari pemkot selain data lain. Kalau melihat halaman App Store aplikasi ini dikembangkan oleh developer yang bekerja sama dengan Telkomsel.‎

Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi, dalam rilis menjelaskan bahwa Banyuwangi menjadi salah satu contoh kota yang akan dipadati pemudik, wisatawan lokal dan mancanegara. Dan sejalan dengan komitmen membangun ekosistem digital Device, Network, dan Application atau yang bisa disebut oleh Telkomsel sebagai DNA, aplikasi Banyuwangi in your Hand ini dihadirkan, juga untuk mendukung kota cerdas Banyuwangi dengan konsep smart kampung. ‎

Dalam acara ini juga diadakan kegiatan CSR secara simbolis untuk membantu anak yatim oleh Pemkab dan Telkomsel.

Selain aplikasi pendukung pariwisata Telkomsel juga meluncurkan program Integrated Digital School yang hadir dalam sistem absensi dengan face recognition dan RFID, akses data program sekolah dan intra/ekstrakurikuler siswa, perpustakaan dengan bermacam buku elektronik, dan lain-lain. Penggunaan teknologi dalam pendidikan ini menjadi tambahan atas program serupa karena telah diterapkan di 87 sekolah di Indonesia. Untuk pelanggan Telkomsel sendiri, saat ini di Banyuwangi ada lebih dari 740 ribu pelanggan, 330 ribu adalah pelanggan data. Dukungan 346 BTS (202 BTS 2G dan 144 BTS 3G). Uji jaringan Jakarta - Surabaya - Banyuwangi - Denpasar ini menjadi salah satu rangkaian acara uji jaringan, selain pengujian di beberapa daerah lain terutama di jalur-jalur utama yang dilalui pemudik serta yang disinggahi untuk liburan dalam memastikan kualitas layanan dari Telkomsel.