Categories

Gadget

Rumah Aman dengan Bardi Smart Indoor dan Smart Outdoor IP Static Camera

Fitur cukup lengkap termasuk akses lewat aplikasi

Dimas Galih W. - 4 December 2020

Masa pandemi seperti saat ini memang membuat tingkat perekonomian menurun. Hal ini juga pasti akan berimbas pada tingkat keamanan, seperti meningkatnya kejahatan. Salah satunya adalah pencurian dan perampokan isi rumah saat sang pemiliknya sedang pergi atau lengah. Namun, hal ini bisa saja dihindari dengan memasang sebuah CCTV.

Jika Anda mencari kamera yang bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan di rumah, Bardi menyediakan solusinya. Bardi merupakan sebuah perusahaan asal Indonesia yang menyediakan berbagai solusi untuk meningkatkan kemudahan hidup. Salah satu yang mereka tawarkan adalah solusi keamanan dengan menggunakan kamera.

Bardi sendiri didukung oleh Tuya Smart, sebuah perusahaan penyedia produk AIoT. Pada Oktober 2019 yang lalu, Tuya Smart telah melayani 180.000 klien di seluruh dunia dan menghubungkan lebih dari 100 juta produk AIoT. Tuya Smart juga memiliki platform cloud global loT dengan arsitektur yang terdistribusi dengan permintaan perangkat pemrosesan data harian yang mencapai hampir 80 miliar kali. Bardi pun juga menggunakan infrastruktur ini pada produk yang mereka tawarkan di Indonesia.

Dua perangkat Bardi yang sudah datang ke meja pengujian Dailysocial adalah  Smart Indoor Static IP Camera dan Smart Outdoor Static IP Camera. Seperti namanya, keduanya merupakan kamera pengawas yang dapat diakses melalui internet. Akses videonya sendiri bisa langsung dilihat pada aplikasi yang bernama Bardi Home.

Spesifikasi kedua kamera tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini

BardiIndoor Static IPOutdoor Static IP
Resolusi1080P1080P
Lensa3.6mm3.0mm f/2.0
WiFi2,4 GHz2,4 GHz
CodecH.264H.264
PenyimpananmicroSDmicroSD
IntercomHalf Duplex2 Way
Dimensi53 x 32 x 110 mm164 x 58 x 163 mm
Bobot96 gram300 gram
Rating IPIP65

Bardi juga mendukung penyimpanan video ke cloud. Untuk menggunakan layanan tersebut, pengguna diharuskan membayar bulanan. Sayang memang, Bardi tidak mendukung layanan cloud gratis seperti Google Drive atau Box. Semoga saja layanan ini ditambahkan di kemudian hari.

Unboxing

Didalam paket penjualan kedua perangkat dari Bardi ditemukan perlengkapan sebagai berikut

Desain

Bardi Smart Indoor IP Static Camera memiliki bentuk yang cukup unik. Kepalanya memiliki dimensi yang lebih besar dari batang penyangganya. Bahannya sendiri terbuat dari plastik polikarbonat yang cukup kokoh sehingga lebih tahan terhadap benturan.

Batang penyangga pada Bardi Smart Indoor IP Static Camera dapat dibengkokkan sesuai dengan arah yang diinginkan. Hal ini tentu saja membuatnya bisa ditempatkan di mana saja, di meja atau ditempel pada dinding. Kameranya sendiri memiliki jangkauan 105 derajat sehingga dapat menangkap gambar dengan cukup lebar.

Kamera mungil ini memiliki slot microSD pada bagian belakangnya. Selain itu, dapat juga ditemukan speaker, microphone, dan tombol reset ditempat yang sama. Pada sisi-sisinya terdapat beberapa lubang yang digunakan sebagai ventilasi untuk mengeluarkan panas dari perangkat yang satu ini.

Untuk Bardi Smart Outdoor Static Camera, bentuknya seperti kebanyakan kamera pengawas. Perangkat yang satu ini terbuat dari bahan plastik polikarbonat + ABS yang lebih kokoh lagi. Hal ini tentunya untuk menahan kondisi saat digunakan di luar rumah yang sering terkena cahaya sinar matahari serta hujan.

Karena perangkat yang satu ini memang didesain untuk penggunaan di luar rumah, penangkapan WiFi-nya pun juga harus diperkuat. Karena itulah pada bagian belakangnya terdapat sebuah antenna wifi yang dapat diputar hampir ke segala arah. Kamera ini sendiri memiliki penyangga yang dapat memutar kepalanya hingga 360 derajat. Jadi, saat dipasang tentu bisa membidik arah yang lebih tepat.

Kamera tentu saja ada pada bagian depan dari perangkat ini. Bersamaan dengan lensanya, di bawahnya terdapat sebuah titik yang merupakan microphone. Pada bagian belakangnya terdapat slot microSD dan tombol reset yang tertutup rapat. Speaker juga terletak pada bagian belakangnya dan memiliki suara yang cukup keras.

Kabel yang ada pada kamera outdoor ini memiliki panjang lebih dari 3 meter. Untuk charger-nya sendiri memiliki panjang sekitar 1 meter. Jadi kamera ini bisa dipasang sekitar 4 meter dari stop kontak. Bardi juga sudah menyediakan bautnya, sehingga pengguna tidak lagi harus mengeluarkan tenaga untuk membelinya.

Kedua perangkat ini bisa langsung digunakan dan dikontrol dengan menggunakan aplikasi Bardi Home. Aplikasi ini bisa digunakan pada sistem operasi Android dan iOS. Sayang memang, Bardi belum memiliki versi untuk Windows 10 dan Mac. Hal tersebut tentu memudahkan penggunanya untuk bisa mengakses kameranya pada saat bekerja melalui sebuah laptop.

Aplikasi ini sendiri sangat mudah untuk digunakan. Bardi sudah membuat daftar perangkat yang mereka jual dengan menggunakan gambar, sehingga pengguna dengan mudah bisa memilihnya. Pemasangannya pun juga mudah karena menggunakan QR Code atau bisa juga menggunakan Bluetooth.

Pengalaman Menggunakan: Merasa tambah aman dan nyaman

Perangkat yang saya coba pertama kali adalah Bardi Smart Indoor IP Static Camera. Perangkat ini sangat cocok untuk mengawasi anak-anak saya pada saat mereka sedang sekolah di rumah. Ruang kerja dan belajar di rumah saya terpisah oleh lantai, sehingga cukup repot jika saya harus bolak balik untuk mengawasi anak saat belajar. Dengan kamera ini, tentu saja sangat menghemat tenaga.

Hal pertama yang saya lakukan tentu saja dengan melakukan pairing. Untuk menyambungkan Bardi Smart Indoor IP Static Camera dengan aplikasi Bardi Home membutuhkan sebuah pemindaian QR Code. Bardi Home akan menampilkan QR Code dan IP camera tersebut akan membacanya. Tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada di aplikasi dan keduanya akan tersambung dengan cukup mudah melalui sebuah Wifi Router.

Hal yang sama juga saya lakukan dalam melakukan pairing dengan kamera outdoor-nya. Hanya saja, kamera yang satu ini lebih cepat dalam memindai QR Code yang diberikan oleh Bardi Home. Langkah-langkah selanjutnya juga sama saat melakukan pairing dengan kamera indoor-nya. Saya menaruh kamera yang satu ini pada garasi rumah.

Kedua kamera memiliki gambar yang cukup jernih. Pada koneksi internet yang saya miliki, kedua kamera mengirimkan video secara live dengan jeda waktu sekitar 1 detik. Saya juga bisa mendengar suara yang diterima melalui microphone dengan jelas, asalkan koneksi internet yang ada cukup cepat.

Untuk berbicara melalui aplikasi Bardi Home, pengguna diharuskan untuk menekan tombol bicara. Kedua perangkat ini tidak dapat berbicara dengan dua arah secara bersamaan. Untuk berbicara, maka suara dari microphone kamera akan dinon-aktifkan terlebih dahulu. Suara yang dikirimkan melalui aplikasi juga bisa terdengar dengan jelas pada speaker kedua kamera ini, dengan syarat koneksi internet tidak pelan.

Bardi juga sudah menyediakan fitur motion detection. Fitur ini sangat berguna jika kita sedang tidak melihat live video dan ada pergerakan terjadi di depan kamera. Kamera pun akan langsung mengambil gambar snapshot pada saat ada pergerakan. Jika saya memasukkan microSD, maka kamera akan langsung merekamnya.

Jika ada pergerakan, aplikasi Bardi Home akan langsung mengirimkan notifikasi. Nantinya, Bardi akan menyajikan sebuah daftar yang berisikan gambar snapshot saat pergerakan terjadi. Jadi, pengguna akan tahu setiap kejadian dan siapa yang membuat pergerakan tersebut. Pergerakan tersebut juga bisa kita atur seberapa sensitifnya pada bagian setting.

Fitur infra merah juga hadir pada kedua kamera ini. Tentunya hal ini akan sangat membantu pada saat sudah malam hari dan keadaan sekitar sudah gelap. Sering kali pada mode biasa, kamera hanya akan menangkap gambar yang gelap saja. Dengan mode infra merah gambar akan menjadi monochrome, namun saya dapat melihat semuanya (kadang termasuk yang kasat mata 👻).

Bardi juga memiliki layanan Cloud untuk menyimpan segala video. Sayang memang, saya tidak memiliki akses untuk menguji layanan yang satu ini. Bardi juga tidak mendukung layanan cloud lain selain miliknya sendiri. Layanan ini memiliki jangka waktu seperti 14 hari dan 30 hari.

Bardi Home juga dapat langsung dihubungkan dengan Google Assistant dan Alexa. Semua itu bisa langsung di link melalui menu setting pada Bardi Home. Saat menggunakan Google, pengguna diharuskan untuk melakukan download aplikasi Google Home terlebih dahulu. Setelah itu, semua bisa diakses langsung melalui suara.

Secara keseluruhan, rumah saya terasa semakin aman saat menggunakan IP camera dari Bardi ini. Apalagi dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bisa diakses oleh setiap anggota keluarga pada ponsel pribadi membuat setiap pemilik akan merasa nyaman. Dan Anda tidak perlu menjadi seorang ahli dalam menggunakan kedua kamera ini karena orang awam pun akan langsung mengerti dalam memasang dan mengoperasikannya.

Verdict

Menjaga segala harta benda memang sangat penting. Apalagi saat ini tingkat kejahatan semakin meningkat sehingga kita harus selalu waspada. Namun, kita tidak selalu bisa mengawasi semua yang ada di sekitar. Untungnya, teknologi CCTV seperti Smart Indoor Static IP Camera dan Smart Outdoor Static IP Camera dari Bardi dapat memudahkan hidup kita karena secara otomatis bisa membantu kita dalam mengawasi lingkungan sekitar.

Dengan menggunakan Smart Indoor Static IP Camera kita bisa mengawasi pergerakan yang ada didalam rumah. Hal seperti mengawasi si kecil yang sedang bermain dari jarak jauh termasuk sangat penting bagi orang tua. Kemampuan untuk mengajak bicara orang di sekitar kamera membuat komunikasi juga lebih mudah. Dan yang terpenting, segala fitur otomatis yang ada pada kamera ini membuat pengguna lebih nyaman.

Smart Outdoor Static IP Camera dapat membantu kita dalam mengawasi apa yang terjadi di bagian luar rumah. Dengan IP65 membuat pengguna tidak lagi harus khawatis saat hujan deras. Kamera ini pun juga bisa mengawasi saat dalam kondisi gelap di malam hari. Jika ada pergerakan, smartphone pengguna pun akan berbunyi.

Ternyata kedua kamera ini memiliki harga yang terjangkau. Smart Indoor Static IP Camera dijual dengan harga Rp. 330.000. Sedangkan Smart Outdoor Static IP Camera dijual pada harga Rp. 500.000. Membeli keduanya tidak akan mencapai satu juta rupiah untuk sebuah tambahan keamanan di rumah.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Bardi smart home, silahkan menjelajah ke https://bardi.co.id. Untuk informasi mengenai produk IP Camera dari Bardi, silahkan menuju ke https://bardi.co.id/products/ip-camera-idr-ipc-stc/.

Rangkuman keunggulan IP Camera dari Bardi

  • Kamera Full HD 1080P
  • Sensor pergerakan dan notifikasi instan
  • Aplikasi Bardi Home yang mudah untuk OS Android dan iOS
  • Speaker dan Microphone untuk berbicara dua arah
  • Dukungan MicroSD sampai 128 GB
  • Dukungan ke Google Assistant

Disclosure: Artikel ini didukung oleh Bardi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter