1. Startup

Barter Indonesia Mencoba Sediakan Platform Tukar-Menukar Barang

Sistem pembayaran secara barter mungkin saat ini sudah dianggap sebagai sistem pembayaran kuno yang sudah benar-benar punah dan tidak dapat ditemui lagi di masyarakat modern seperti sekarang ini. Namun jangan salah, melalui sekelompok anak muda kreatif yang berasal dari Yogyakarta, sistem pembayaran tukar-menukar ini akan coba kembali “dihidupkan” dengan kehadiran Barter Indonesia – sebuah startup e-commerce terbaru yang mengajak pengguna melakukan transaksi barter secara online pertama kali di Indonesia.

Hadir sebagai salah satu finalis gelaran INAICTA 2013 lalu, Barter Indonesia mengajak seluruh pengguna internet di Indonesia untuk mencoba beralih dari sistem pembayaran modern seperti halnya situs e-commerce lain dengan sistem pembayaran yang dahulu sempat terpakai yaitu barter. Sesuai dengan namanya, Barter Indonesia merupakan wadah dimana para pengguna internet Indonesia dapat bertemu untuk saling bertukar barang sesuai dengan minat dan keinginannya. Ide unik yang diaplikasikan ke dalam sebuah situs e-commerce ini tentu mengundang rasa penasaran bagaimana cara kerja dari startup baru ini.

Dalam Barter Indonesia, pengguna yang terdaftar diberi fasilitas untuk membuka toko online sendiri, dimana dalam fasilitas tersebut pengguna secara bebas dapat menaruh barang apa saja untuk “ditukarkan” kepada barang yang dimiliki oleh pengguna lain. Tentu, proses transaksi barter yang menjadi poin utama dalam situs ini dilakukan antara kesepakatan kedua belah pihak. Seperti halnya situs e-commerce lainnya, Barter Indonesia juga menghadirkan kolom-kolom kategori produk yang dapat ditelusuri oleh seluruh pengguna, sebut saja seperti produk-produk handicraft, komputer, fashion, gadget, dan lain sebagainya.

Barter Indonesia dalam hal ini juga menampilkan tampilan antarmuka yang dianggap mampu menghadirkan tampilan layaknya situs e-commerce kebanyakan. Dengan tampilan depan yang menjabarkan daftar produk dan daftar toko terpopuler, Barter Indonesia terlihat sedikit berupaya untuk menyajikan navigasi yang memudahkan bagi seluruh pengguna dalam menelusuri layanan Barter Indonesia.

Dengan ide unik e-commerce yang diusung oleh Barter Indonesia, tentu hal tersebut telah menambah daftar panjang dari sejumlah pelaku industri e-commerce di Indonesia dengan berbagai keragamannya yang tentu menghadirkan keunggulan masing-masing. Sistem “kuno” yang ditawarkan oleh Barter Indonesia tersebut tentu sejatinya menawarkan pengalaman terbaru bagi seluruh pengguna dalam melakukan transaksi belanja online. Tak ayal, jika nanti ke depannya Barter Indonesia juga dapat menjadi tidak hanya sebagai pemain baru di industri e-commerce Indonesia saja melainkan juga dapat menjadi pemain penting di industri yang sedang naik daun ini.

Sejauh pengamatan kami, situs Barter Indonesia saat ini belum dihadirkan secara lengkap, atau dengan kata lain bisa dibilang masih merupakan tahap beta karena seluruh fitur dan layanannya masih belum lengkap dan belum dapat diakses, namun jika saatnya nanti Barter Indonesia telah diluncurkan secara penuh, tentu kami tak sabar ingin melihat perkembangan selanjutnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again