Categories

Social Media

Batal Diakuisisi, Twitpic Umumkan Kembali Penutupan Layanan

Bambang Winarso - 17 October 2014

Harapan sempat muncul ketika dikabarkan ada penyelamat yang bersedia mengakuisisi Twitpic dan menghindarkan layanan berbagi foto Twitter tersebut dari ancaman penutupan. Namun tak berselang lama, Twitpic lagi-lagi membuat kejutan dengan mengumumkan rencana penutupan layanan efektif per 25 Oktober mendatang.

Ini adalah deklarasi penutupan yang kedua setelah pada pengumuman pertama Twitpic menyebutkan akan diselamatkan oleh investor baru yang masih dirahasikan indentitasnya.

Namun deklarasi penutupan layanan yang kedua ini tampaknya anti-klimaks dari perjuangan Noah Everett untuk mempertahankan perusahaan yang sudah ia bangun dan kembangkan selama 6 tahun sejak diluncurkan di tahun 2008 silam.

Dalam pesan terbarunya, Noah menyampaikan penyesalan yang sangat mendalam. Ia tak menampik bahwa proses yang terjadi kemarin baru sebatas perbincangan dengan beberapa pembeli potensial yang kemudian sempat memberikan harapan baru bagi Twitpic untuk tetap bertahan dari krisis. Sayangnya pembicaraan dengan para calon pembeli ini terbentur oleh sejumlah kesepakatan yang kemudian membuat proses akuisisi menemui jalan buntu.

 

 

Info Menarik: Sticker Karakter-Karakter Disney Kini Tersedia di Viber

 

 

Sayangnya Noah tidak bersedia membeberkan lebih rinci kesepakatan apa yang membuat proses akuisisi batal. Selain melalui blogresmi Twitpic, pengumuman penutupan layanan Twitpic juga dipost melalui akun Twitter mereka.

Situasi pelik yang dihadapi oleh Twitpic bermula ketika Twitter mengirimkan nota keberatan dengan penggunaan brand mereka oleh Twitpic, yang dianggap melanggar hak cipta. Apabila Twitpic tetap bersikukuh, konsekuensinya adalah kehilangan akses API Twitter yang selama ini jadi pintu akses utama layanan mereka.

Twitpic sendiri mengaku telah mendaftarkan nama layanan mereka ke USPTO (lembaga paten Amerika) sejak tahun 2009. Namun manajemen Twitpic menyadari bahwa mereka tidak punya kemampuan finansial jika harus ‘melawan’ Twitter, dan hasilnya seperti yang sudah kita ketahui, Twitpic dijadwalkan tutup per 25 September dan kembali direncanakan ditutup di 25 Oktober 2014.

Untuk itu Twitpic menyarankan pengguna untuk mengunduh data dan gambar dari akun melalui tautan ini.

Sumber berita TheVerge dan gambar header droidapp.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter