Categories

Interview

BBM Discovery Jadi Andalan Baru KMK Online dan BlackBerry untuk Tetap Rajai Pasar Indonesia

BBM Discovery menjadikan BBM tidak hanya sebuah aplikasi pesan instan tetapi juga menjadi platform untuk banyak kegiatan online

Prayogo Ryza - 19 August 2016

Seperti kita ketahui, EMTEK Group beberapa waktu lalu secara resmi menjalin kemitraan strategis dengan Blackberry untuk mengembangkan BlackBerry Messenger (BBM). Di bawah pengelolaan KMK Online, cabang perusahaan EMTEK yang bergerak di bidang industri internet, EMTEK berusaha mengintegrasikan beberapa layanan mereka dengan BBM. Salah satu produk teranyar BBM paska kemitraan tersebut adalah BBM Discovery. BBM Discovery adalah sebuah layanan yang diharapkan bisa membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan cara menjadi enabler bagi para stakeholder seperti UKM, startup, kreator, publisher, dan juga pemerintah Indonesia.

Menurut VP of Product Development KMK Online Hadikusuma Wahab, BBM Discovery merupakan sebuah one stop solution untuk memudahkan pengguna BBM melakukan hal lain selain chat, seperti membaca berita, menonton video, dan melakukan aktivitas komersial lain seperti transfer uang, belanja barang, reservasi tiket dan lain-lain. Termasuk di dalam BBM Discovery adalah BBM News dan BBM Video.

Sejauh ini BBM Discovery masih dalam tahap beta dan masih terus dikembangkan. Menurut Dhiku, sapaan akrab Hadikusuma, BBM Discovery mencoba menjadi sebuah platform netral yang terbuka untuk bisa berkolaborasi dengan banyak stakeholder. Salah satunya bekerja sama dengan industri e-commerce dengan memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi dalam satu tempat.

Dari sudut pengembangan produk, pihak BlackBerry, yang diwakili Haridas Nair, VP Business Development BlackBerry, menjelaskan bahwa BBM Discovery akan melengkapi kemampuan berkirim pesan yang selama ini telah dimiliki BBM. Aplikasi pesan instan sekarang menjadi sentral untuk menghubungkan dan sarana berkomunikasi. Beberapa orang juga membutuhkan beberapa media komunikasi lain seperti teks, suara, video, dan juga stiker dan emoticon yang ekspresif. Dengan adanya layanan baru ini BlackBerry bertujuan untuk menggabungkan layanan yang menjadi bagian dari gaya hidup ke dalam sebuah platform.

Dalam konteks kerja samanya dengan KMK Online, Haridas menjelaskan pihak BlackBerry merasa mendapatkan banyak hal positif. Beberapa di antaranya terkait hal akselerasi roadmap, layanan baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan juga bisa memanfaatkan aset milik KMK Online atau EMTEK.

DI Indonesia saat ini BBM Messenger masih menjadi salah satu aplikasi teratas untuk kategori pesan instan dengan 60 juta pengguna. Untuk terus mempertahankan posisi dan terus mendapatkan lebih banyak pengguna, Dhiku menjelaskan saat ini fokus ke depan KMK Online masih melanjutkan pengembangan beberapa layanan dalam BBM dan juga integrasi profil pengguna BBM.

“Fokus ke depannya bagi KMK adalah melanjutkan pengembangan beberapa layanan dalam BBM services dan integrasi dengan user profile BBM. Untuk BBM sendiri, integrasi payment untuk memudahkan transaksi dan mencari partner untuk menjadikan BBM services sebagai one stop solution untuk kebutuhan pengguna di Indonesia dan di luar Indonesia,” terang Dhiku.

Meski BlackBerry mentransformasikan BBM menjadi sebuah platform yang komplit, pada intinya pihak BlackBerry tidak ingin melepaskan identitas BBM yang sudah melekat sejauh ini, yakni privasi dan kontrol. Itu terwujud dalam fitur-fitur baru BBM seperti obrolan pribadi, pesan waktu, hapus pesan, dan menarik pesan.

“Selain itu kami telah menambahkan kemampuan tambahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna seperti pendaftaran menggunakan nomor telepon, suara dan video chat dan berencana untuk menambahkan layanan keterlibatan pengguna tambahan yang termasuk games, voucher, airtime top up [pulsa prabayar] dan lain-lain. BBM adalah pemimpin yang jelas di Indonesia dan bekerja sama dengan KMK / EMTEK akan menjadi sesuatu yang besar untuk pengguna seperti yang kita lakukan dengan mempercepat layanan dan kemampuan baru bagi pengguna BBM,” papar Haridas.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter