Categories

Mobile

BBM Tak Bisa Diunduh, BlackBerry Menyerah dengan Windows Phone?

Pengguna Windows Phone melaporkan gagal mengunduh aplikasi BBM dari toko aplikasi resmi

Bambang Winarso - 27 June 2016

BlackBerry Messenger pernah menjadi sebuah aplikasi eksklusif di perangkat berbasis BlackBerry OS, sampai kemudian perusahaan pengembangnya memutuskan untuk menghadirkan BBM ke lintas platform mulai dari Android, iOS hingga Windows Phone. Tapi, teruntuk platform terakhir ini, tampaknya BlackBerry mulai menunjukkan gelagat “kurang puas”. Kabar terbaru menyebutkan bahwa BBM tidak lagi tersedia di toko aplikasi Windows Phone kendati lapaknya masih dapat dijumpai.

Menurut pantauan Dailysocial, lapak BBM di Windows Phone kini menampilkan status “tidak kompatibel” dengan perangkat berbasis Windows Phone ataupun Windows 10 Mobile. Artinya, hampir tidak ada pengguna perangkat besutan Microsoft yang bisa mengunduh aplikasi tersebut.

BBM tidak mendukung semua perangkat Windows

Sampai berita ini diterbitkan belum ada pernyataan resmi dari pihak BlackBerry. Sementara itu di luar sana berkembang opini dan praduga yang melatar-belakangi keputusan tersebut. Dugaan yang saat ini paling dominan meyakini bahwa BlackBerry memang berniat menarik BBM dari platform Windows Phone dengan alasan rendahnya adopsi OS oleh pabrikan yang berbuntut pada lemahnya popularitas platform. Namun beberapa sumber juga menduga penyebabnya ada pada toko aplikasi, dalam hal ini Microsoft lah yang perlu dipertanyakan, bukan BlackBerry.

Situasi berbeda terjadi di platform Android, iOS dan BlackBerry OS di mana perusahaan asal Kanada itu masih terus memperkaya aplikasinya dengan sejumlah fitur baru. Yang paling segar, mereka baru saja merilis fitur BBM Video yang memungkinkan pengguna ketiga platform melakukan panggilan video ke sesama pengguna.

Sumber berita Mspoweruser dan gambar header BlackBerry.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter