Categories

Berita

BCA Luncurkan BCA Mobile untuk BlackBerry

Amir Karimuddin - 12 October 2011

Bank Central Asia (BCA) yang memiliki 9.7 juta nasabah memulai kampanye mobile-nya dengan meluncurkan aplikasi BCA Mobile untuk BlackBerry. Meski baru tersedia untuk satu platform, BCA berharap bisa mengembangkannya untuk berbagai macam platform ke depannya. BCA Mobile sudah tersedia di BlackBerry App World dan dapat diunduh gratis mulai sekarang.

Penyediaan fasilitas aplikasi BCA Mobile ini tak lepas dari fakta bahwa pengguna fasilitas perbankan elektronik BCA semakin bertambah. Menurut Ina Suwandi, Kepala Divisi Pengembangan Dana dan Jasa BCA, seperti dikutip dari Investor, saat ini tercatat 2.3 juta nasabah menggunakan fasilitas m-BCA (via SMS) dan 2.4 juta menggunakan klikBCA (Internet banking).

BCA Mobile ini memiliki menu m-BCA dan klikBCA. Untuk m-BCA sendiri Anda harus memasukkan 16 digit kode kartu ATM Anda (yang telah diaktifkan sebelumnya di cabang terdekat) untuk menggunakan fasilitas m-BCA ini. Beberapa kali percobaan untuk mendaftarkan akun saya masih belum berhasil hingga saat ini, meskipun sudah memiliki fungsi m-BCA sebelumnya (melalui fungsi built-in kartu seluler yang saya miliki). Saya memiliki "ketakutan" bahwa m-BCA yang ada di sini akan mirip dengan aplikasi mobile Mandiri ataupun Permata yang menggunakan media SMS untuk bertransaksi, ketimbang penggunaan data, meskipun yang ini harus saya buktikan terlebih dahulu.

Untuk fungsi klikBCA, sayang sekali ternyata menu yang ada hanya akan mengantarkan kita ke versi mobile web klikBCA via browser (launcher). Jadi bisa dipastikan kita masih belum bisa bertransaksi via Internet banking menggunakan aplikasi BCA Mobile ini. Sungguh disayangkan bila aplikasi ini tidak memanfaatkan kenyamanan penggunaan Internet banking -- yang menggunakan token untuk setiap transaksinya. Secara umum, harus saya katakan bahwa aplikasi BCA Mobile ini belum bisa dikatakan berfungsi secara baik dan tampilannya (yang didominasi warna biru khas BCA) sejujurnya masih kurang appealing.

Jika harus membandingkan, buat saya aplikasi mobile buatan Commonwealth Bank Indonesia (sudah tersedia untuk BlackBerry dan iOS) masihlah yang terbaik bagi kegiatan perbankan menggunakan ponsel. Apakah Anda punya masukan lain untuk aplikasi mobile perbankan seperti ini?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter