Menjaga anak-anak agar tetap aman di internet menjadi sebuah tantangan yang terus akan berkembang. Dan sebagai orang tua yang hidup di era modern seperti sekarang ini, Anda dan orang tua lainnya punya peran besar tidak hanya memastikan anak-anak tumbuh dan terekspos internet dengan aman, tapi juga memberi pengajaran bagaimana berperilaku di dunia maya. Google sepakat keamanan anak adalah prioritas teratas dengan meluncurkan program baru bernama “Be Internet Awesome”, sebuah program yang menyuguhkan akses ke pembelajaran mengenai internet aman yang menyenangkan bagi orang tua, pengajar dan anak-anak itu sendiri.

Inisiatif ini tidak dijalankan oleh Google seorang diri, melainkan didukung oleh tiga organisasi, antara lain Family Online Safety Insititute, Internet Keep Safe Coalition, dan ConnectSafely. Dalam upaya membangun keamanan digital bagi generasi muda, keseluruhan program Be Internet Awesome berfokus pada lima kunci pembelajaran, yaitu mengajarkan anak-anak untuk membangikan konten dengan bijaksana, melatih pemikiran kritis ketika menilai kejujuran konten, waspada dengan kerahasiaan dan privasi, menunjukkan kebaikan di internet dan mengutarakan pendapat tentang isu-isu terkini yang menyebabkan keraguan di antara mereka.

Untuk menarik minat para orang tua, pengajar dan anak, Google dan rekan mengemasnya dalam bentuk permainan, tool dan konten yang menyenangkan. Dirancang untuk membantu orang tua dan pengajar dalam mengajarkan generasi muda bagaimana berperilaku yang pantas di internet. Sebagai salah satu contohnya,Google telah merancang kurikulum yang akan menunjukkan kepada siswa contoh kehidupan nyata berkaitan dengan masalah-masalah di dunia internet. Misalnya bagaimana menyikapi situs-situs phishing dan emailspam. Kurikulum yang dirancang oleh Google telah mendapatkan semacam persetujuan dari International Society for Technology in Education’s Standards for Students sehingga sesuai dengan standar yang ada.

Secara umum, anak-anak nantinya akan memperoleh pembelajaran yang mendorong mereka memahami dan bertindak dengan benar berkenaan dengan aktivitas peretasan, situs palsu, cyber-bully dan mempelajari perilaku yang benar dalam berinteraksi secara online.

Untuk mempelajari lebih jauh apa itu Be Internet Awesome, silahkan kunjungi tautan ini.

Sumber berita Google.