Beberapa Tanya Jawab Menarik dengan Bill Gates di Situs Reddit

Baru-baru ini Bill Gates menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pengguna Reddit. Dalam thread AMA (singkatan dari Ask Me Anything), Bill Gates menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para Redditor yang mencakup cukup banyak topik, dari mulai hal-hal personal, pandangannya tentang Microsoft saat ini, hingga pengalamannya sebagai filantrofi di yayasan Bill & Melinda Gates Foundation. Berikut, saya pilihkan beberapa tanya jawab yang menurut saya menarik dari thread tersebut.

Tentang Windows 7 dan Prediksi Teknologi Masa Depan

Beberapa pengguna berusaha untuk menggali bagaimana pandangan Gates tentang produk-produk Windows setelah ia tidak lagi menjadi CEO. Misalnya saja, seorang pengguna menanyakan mana yang lebih baik antara Windows 7 dan Windows 8? Gates menjawab secara implisit dengan mengatakan, "lebih tinggi lebih baik".

Gates juga menyatakan bahwa kedepannya teknologi-teknologi robotik, layar transparan, dan interaksi dengan komputer melalui percakapan akan mengubah cara kita memandang komputer. Gates memprediksi, jika ketiga teknologi ini telah berjalan dengan baik, interaksi dengan komputer akan sangat berbeda dengan yang terjadi saat ini.

Tentang Bill & Melinda Gates Foundation

Topik lain yang juga banyak dibahas adalah mengenai yayasan Bill & Melinda Gates Foundation. Ketika ditanya apa pencapaian terbesar dari yayasan amalnya tersebut, Gates menjawab bahwa pengembangan vaksin-vaksin adalah pencapaian terbesar yayasan tersebut. Beberapa vaksin seperti vaksin untuk Diare dan Pneumonia telah menolong banyak nyawa. Gates juga menyatakan bahwa saat ini yayasan Bill & Melinda Gates Foundation sedang bekerjasama dengan beberapa rekanan untuk menyelesaikan pengembangan vaksin Polio.

Pada percakapan yang lain, Gates juga mengungkapkan bahwa tujuan utama yayasannya adalah untuk mengentaskan kemiskinan (untuk operasi di luar Amerika Serikat) serta meningkatkan kualitas pendidikan (untuk operasi di Amerika Serikat). Dikatakan, setengah dari seluruh dana yayasannya dihabiskan untuk program kesehatan di seluruh dunia, sebagai salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan.

Hal-Hal Pribadi

Untuk hal-hal personal, ada beberapa pertanyaan yang menurut saya menarik. Pertama, pertanyaan tentang apa tanggapan Bill Gates mengenai penggambaran dirinya dalam film Pirates of Sillicon Valley. Sebagai informasi, dalam film tersebut Bill Gates digambarkan "mencuri" ide dari Steve Jobs untuk mengembangkan antarmuka bagi sistem operasi Windows. Diluar dugaan, Gates menjawab bahwa penggambaran tersebut "cukup akurat".

Selain itu, ada juga pertanyaan tentang hal-hal murah apa yang paling disenangi Gates, mengingat sebagai orang yang sangat kaya dia mampu membeli berbagai barang yang mahal. Gates menjawab bahwa ia menyukai burger keju dan materi-materi kuliah gratis dari Open Course Ware. Menutup thread AMA, Gates mengirimkan sebuah gambar untuk bercanda. Berikut adalah gambar tersebut.
Jika Anda tertarik untuk melihat percakapan-percakapan Bill Gates dengan para Redditor dengan lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi tautan ini.