Categories

Tips

Beberapa Tips untuk Menjaga Produktivitas dan Moral Tim

Keharmonisan dan suasana bahagia tim harus terus dijaga

Prayogo Ryza - 9 August 2016

Di dalam bisnis menjaga kekompakan dan performa tim adalah hal wajib. Terlebih untuk startup yang membutuhkan tenaga lebih untuk berjuang karena statusnya yang merupakan perusahaan rintisan. Suasana, performa, dan kualitas di dalam tim bisa sangat berpengaruh. Banyak cara untuk memelihara suasana kondusif dan tetap menjaga produktivitas dan moral tim. Berikut beberapa tips dari Amelia Wilcox, founder Incorporate Massage, mengenai bagaimana menjaga moral dan performa tim selain memberikan tambahan gaji.

Berikan mereka alasan untuk percaya

Sebelum jauh membicarakan mengenai bagaimana menjaga produktivitas dan moral tim, menyelaraskan visi dan misi adalah hal terpenting. Persamaan  visi bisa menjadi motivasi setiap individu dan juga bisa berdampak pada tim secara keseluruhan. Persamaan  visi juga bisa memberikan setiap individu alasan untuk bekerja dengan baik sekaligus juga menularkannya satu sama lain.

Tunjukan kepedulian

Setiap karyawan atau setiap individu dalam tim pasti merasa dihargai jika pemimpin mereka menunjukkan kepedulian kepada mereka. Hal-hal seperti memberikan ucapan selamat ulang tahun, memberikan bingkisan untuk perayaan keluarga seperti kelahiran bayi atau pernikahan, dan bentuk-bentuk perhatian lainnya.

“Ketika orang-orang diintai, mereka akan memberikan lebih dari apa yang Anda bisa bayangkan untuk Anda dan karena Anda,” ujar Wilcox.

Bentuk perhatian kecil semacam ini bisa memberikan kesan tersendiri bagi setiap individu dalam tim, dan itu harusnya tidak sulit dilakukan oleh para pemimpin dalam tim.

Kenali pekerjaan yang baik

Ini berkaitan dengan penghargaan. Ketika seseorang melakukan sesuatu yang mengagumkan jangan lupa untuk memberitahukan mereka. Mereka merasa akan lebih dihargai. Mengenali setiap individu dalam tim adalah upaya yang baik untuk mengakui kinerja mereka. Hal ini bisa memacu dan memotivasi tim agar bekerja lebih baik dari waktu ke waktu.

Pelajari hal-hal “remeh”

Hal ini berkaitan dengan perlakuan-perlakuan sederhana yang bisa memberikan dampak positif yang besar kepada setiap individu dalam tim. Seperti memberikan layanan kesehatan (dalam kasus Wilcox berupa pijat gratis setiap bulan dan makanan sehat setiap rapat) atau layanan tambahan lain yang bisa bermanfaat bagi setiap individu. Hal-hal kecil seperti itu harus ditemukan, dipelajari untuk kemudian diterapkan.

Promosikan dari dalam

Jika ada orang dalam tim yang melihat ada ruang untuk mengembangkan karier mereka dalam tim atau organisasi, itu bicara mengenai ukuran. Cari tahu kemampuan dan talenta mereka dan cari jalan untuk mengembangkannya untuk keperluan bisnis di masa depan. Jika diperlukan adakan atau ikutkan mereka dalam sebuah pelatihan untuk mengembangkannya. Hal tersebut merupakan aset berharga yang harus dijaga, sangat penting dalam tim, terlebih untuk bisnis.

Selalu buat suasana menyenangkan

Setidaknya ini bagian paling penting dalam menjaga produktivitas tim. Kenyamanan adalah hal utama untuk seseorang bekerja dengan maksimal, dan kenyamanan bisa didapatkan dengan membawa suasana menyenangkan ke dalam tim. Entah dengan melakukan permainan bersama atau hal-hal lain. Mungkin cara-caranya bisa berbagai macam, yang jelas suasana tim harus tetap menyenangkan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter