Categories

Berita

BeeTalk Posisikan Diri Sebagai Platform Messaging untuk Mencari Teman Baru

Amir Karimuddin - 18 November 2014

Platform messaging BeeTalk hari ini resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia. Di sini BeeTalk memposisikan diri sebagai platform untuk mencari teman baru, dengan kemudahan fitur Klub dan Lihat Sekitar. Dalam tiga bulan kehadirannya BeeTalk sudah mengklaim pendaftaran tiga juta pengguna dan menargetkan sepuluh juta pengguna di Indonesia dalam jangka waktu setahun.

Menggandeng sejumlah brand ambassador lokal, sesungguhnya BeeTalk bukanlah aplikasi buatan Indonesia. BeeTalk merupakan usaha game publisherGarena, yang berbasis di Singapura, untuk merambah segmen media sosial. BeeTalk sudah tersedia di berbagai negara Asia Tenggara, bahkan juga Taiwan. Indonesia secara alami adalah target pasar berikutnya. Aplikasi ini sudah tersedia untuk platform iOS dan Android.

Alasan penggunaan nama "Bee" adalah seperti halnya lebah yang menghubungkan antara satu bunga (yang berisi benang sari) dan bunga lain (yang mengandung putik). BeeTalk diharapkan menjadi alat komunikasi atau perantara pilihan.

Meskipun awalnya diposisikan untuk konsumen anak muda dengan fitur mirip Snapchat dan Tinder, akhirnya pihak lokal memposisikan BeeTalk sebagai platform untuk mencari teman baru. Menggunakan aplikasi ini kita bisa mencari berbagai klub atau forum terbuka yang sesuai dengan bidang minat kita, misalnya tentang diving atau tentang memasak. Ya kira-kira mirip Kaskus, tapi dalam bentuk aplikasi mobile yang penggunaannya semudah platform messaging lainnya.

BeeTalk tetap mempertahankan fitur Lihat Sekitar (Look Around) dan Flip yang cocok bagi yang ingin mencari teman baru secara personal. Lihat Sekitar memudahkan pengguna BeeTalk untuk mencari orang-orang yang juga menggunakan aplikasi ini dalam jarak tertentu, sementara fitur Flip adalah cara menerima atau menolak permintaan pertemanan dengan metode swipe kiri atau kanan, persis seperti Tinder.

Pihak BeeTalk optimis bahwa perubahan fokus ini akan membuat positioning BeeTalk lebih jelas di antara belantara berbagai platform messaging yang menyerbu tanah air. Menyesuaikan dengan selera lokal, BeeTalk juga akan menambahkan berbagai set stiker khas Indonesia, dimulai dengan kehadiran stiker Si Juki.

Di Indonesia sendiri WhatsApp sudah ditahbiskan sebagai platform messaging paling populer, termasuk data penggunaan riil yang dikeluarkan oleh XL Axiata. BeeTalk tidak akan menjadi pesaing WhatsApp secara langsung, tetapi bisa digunakan untuk ngobrol dengan topik-topik khusus yang menjadi minat konsumennya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter