1. Lifestyle

Begini Cara Mendapatkan Game Mass Effect 2 dan Dirt Showdown Gratis

Dua game ini sempurna untuk mengisi akhir minggu Anda.

Gelombang pertama serbuan game blockbuster di 2017 baru akan tiba beberapa minggu lagi, dan setelah 2016 yang begitu bombastis, saya yakin banyak dari Anda sedang bersiap-siap dan mulai menabung. Namun berhemat tak berarti tidak bisa menikmati game-game baru. Setidaknya ada dua judul permainan populer yang saat ini bisa Anda miliki secara cuma-cuma.

Dua permainan tersebut sudah pasti bisa memuaskan gamer dengan minat berbeda: Dirt Showdown ialah alternatif arcade dari Dirt Rally yang dilepas tahun lalu; serta Mass Effect 2, action-RPG fiksi ilmiah canggih garapan para maestro di BioWare. Semuanya bisa diperoleh tanpa perlu membayar, namun karena platform penyajiannya berbeda, Anda harus menyimak langkah-langkah di bawah secara seksama.

Karena waktunya cukup terbatas (hanya sampai besok, hari Sabtu 14 Januari), maka saya akan fokus pada Dirt Showdown terlebih dulu. Bagi-bagi game gratis ini merupakan program Humble Bundle, dan permainan tersaji di platform Steam. Caranya? Pertama, kunjungi situs Humble Bundle dan log-in (buat akun baru jika belum punya). Di atas banner Dirt Showdown, tekan tombol hijau 'Get It Free!'.

Selanjutnya, segera buka buka Shopping Cart Anda dan tekan lagi tombol biru bertuliskan 'Get it for free!'. Anda akan diminta menyambungkan akun Humble Bundle dengan Steam dan harus melakukan verifikasi browser (sebuah kode segera dikirim ke email, dan Anda perlu memasukkannya kolom - langkahnya memang berlapis-lapis tapi tidak sulit). Setelah itu, Anda akan dibawa ke page berisi link, dan saat dibuka, terdapat kode aktivasi Steam.

Tinggal buka app client Steam, log-in, lalu klik opsi 'Activate a Product on Steam...' di menu drop down 'Games'. Masukkan kode permainan di sana dan Dirt Showdown jadi milik Anda selamanya.

Memperoleh Mass Effect 2 jauh lebih sederhana karena ia merupakan program bagi-bagi game EA On the House. Anda bisa mengaksesnya dari website  atau tinggal membuka app Origin di PC. Setelah log-in, segera arahkan mouse ke menu Free Games, lalu klik 'On the House'. Di tengah, Anda akan menemukan kolom berisi icon permainan Mass Effect 2 serta tombol 'Get It Now'. Klik, lalu ia segera masuk ke Game Library Anda. Selanjutnya tinggal di-download.

Seperti biasa, EA memang tidak menginformasikan secara jelas sampai kapan Mass Effect 2 dapat dimiliki secara gratis. Jadi saran saya adalah, sebaiknya Anda cepat-cepat mengamankannya selagi ia masih tersedia di On the House.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again