Ide hunian sehat tak jarang hanya menjadi bahasan di atas kertas. Keinginan untuk menciptakan suasana rumah eco-friendly berlabel smart home seringkali berfokus pada konsep Internet of Things, di mana perangkat yang ada di genggaman penghuni rumah dapat terintegrasi dengan perangkat-perangkat yang mendukung kehidupan berumah tangga, seperti mengendalikan vaccuum cleaner hanya melalui sentuhan di layar smartphone dan menyalakan AC via WiFi.

Pemikiran seperti ini juga bisa jadi didukung oleh pemanfaatan mobile apps yang didasari oleh kesadaran kaum urban tentang gaya hidup sehat, seperti layanan startup yang memungkinkan siapapun pengguna smartphone untuk chatting dengan dokter dan mencari informasi tentang kesehatan mereka—dan juga tindakannya—secara cepat.

Konsep semacam itu terlihat meredefinisi gaya hidup sehat modern, yang mana mungkin saja pola hidup sehat seperti berolahraga dan makan sayur-mayur hijau sudah terpenuhi, sehingga mereka yang mengadopsi kultur ini memilih untuk mendefinisikan ulang dan membuat gaya hidup sehat menjadi naik beberapa level secara kualitas.

Kemajuan itu penting, walaupun kita tetap perlu ingat yang lebih mendasar dari integrasi dari semua teknologi itu adalah apakah konsep smart home sehat yang kamu pikirkan sudah membawa pengalaman yang lebih baik dari sisi kesehatan dan kenyamanan lingkungan sekitar (?).

Mendukung kesehatan tubuh

Pintar sebaiknya juga ditopang dengan gaya hidup yang mendukung kesehatan tubuh. Sudah seharusnya kemajuan teknologi dari smart home mendukung kesehatan penghuni rumah.

Contoh dasar dari pengaplikasian smart home yang berfokus pada kesehatan adalah teknologi AG Clean, sebuah teknologi yang menjamin anti-bakteri lebih kuat sehingga menjaga kebersihan makanan serta minuman dalam lemari es. Konsep ini secara cerdas memungkinkan sebuah lemari pendingin dapat mengurangi aroma tajam yang berasal dari

ikan dan sayur secara signifikan dengan sistem double deodorizing. Panasonic adalah perusahaan teknologi yang sudah mengadopsi teknologi ini, termasuk di dalam mesin cuci rilisannya.

Untuk pendingin di dalam ruangan, Panasonic mengembangkan teknologi nanoe-G pada AC yang dianggap dapat membantu program gaya hidup sehat masyarakat urban di rumah mereka, yang secara jelasnya mampu menonaktifkan bakteri, virus dan jamur hingga 99%, dapat menghilangkan bau yang menempel, serta menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat.

Kenyamanan dalam menggunakan teknologi

Yang membuat konsep smart home dapat menjadi nyaman bagi penggunanya adalah gagasan dalam meningkatkan pengalaman dalam menggunakan produk teknologi. Hal ini juga sebenarnya masih berkaitan dengan bahasan sebelumnya mengenai kesehatan.

Panasonic juga mengembangkan teknologi Prime Fresh Freezing, di mana pembekuan makanan hanya mencapai titik sekitar -3°C, sehingga yang membeku hanya permukaan makanannya saja dan nutrisi serta rasanya masih terjaga. Inilah pengalaman yang satu tingkat lebih tinggi bagi kenyamanan penghuni rumah, sekaligus membawa manfaat positif dari aspek kesehatan.

Prime Fresh Freezing juga mampu menjaga tekstur dan mengurangi penyebaran aroma tajam dari makanan.

Atau dalam urusan rumah tangga yang berkaitan dengan kebersihan sandang, kenyamanan juga dapat dirasakan dari teknologi yang juga diterapkan Panasonic dalam mesin cucinya, yakni Active Foam, di mana daya cucinya yang maksimal disinyalir dapat mengangkat kotoran pada pakaian, mempercepat proses pencucian, dan aliran air yang berpadu dengan perputaran deterjen menghasilkan busa yang lembut dan padat.

Jadi, membangun ‘rumah pintar’ itu bukan semata mengenai Internet of Things atau segala sesuatu yang terhubung. Dua hal di atas lebih penting untuk diterapkan terlebih dahulu sebagai dasar dalam membangun smart home, misalnya bisa dimulai dengan menggunakan perangkat rumah tangga yang nyaman dan sehat yang dikembangkan Panasonic. Baru setelahnya, kamu bisa mempersiapkan penerapan smart home di Indonesia yang lebih komprehensif dan terotomasi maksimal.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Panasonic.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.