Categories

Tips & Trik

Bekerja Tanpa Distraksi di Mac Dengan Houdini

Aditya Daniel - 31 October 2014

Sedang mengerjakan sebuah laporan dengan deadline yang sudah sangat dekat atau revisian sebuah desain yang dibuat bahkan menulis artikel, seperti ini membutuhkan konsentrasi serta fokus pada apa yang dikerjakan.

Terlebih jika bekerja dengan lebih dari satu aplikasi, windows yang terbuka dan saling tumpang tindih satu sama lain bisa saja mengalihkan perhatian. Selain itu, melakukan minimize satu persatu membutuhkan waktu meski cuma sebentar.

Jika Anda sedang dalam kondisi ini, maka Houdini solusinya, aplikasi untuk pengguna Mac ini akan secara otomatis menyembunyikan jendela aplikasi yang tak digunakan setelah selang waktu tertentu.

Beruntungnya, Houdini hadir secara gratis yang dapat diunduh melalui Mac App Store. Ukuran aplikasinya pun kecil, tak sampai 2 MB. Houdini pun tak punya jendela aplikasi, hanya sebuah ikon berbentuk tongkat pesulap yang ada di menubar.

Pengaturan aplikasinya pun tak rumit, pengguna cukup klik pada ikon di menubar dan melihat aplikasi apa saja yang sedang terbuka. Untuk mengatur berapa lama waktu aplikasi di-minimize pengguna tinggal menggeser slider yang akan muncul saat kursor diarahkan ke nama aplikasi.

Pengguna dapat mengatur waktu yang diinginkan mulai dari 30 detik hingga 5 menit. Jika sebuah aplikasi tak ingin di-minimize oleh Houdini secara otomatis, maka tinggal atur saja slider ke paling kiri. Selain pilihan waktu, Houdini juga menyediakan pilihan untuk menonaktifkan fiturnya.

Pilihan Open at Login juga tersedia untuk memastikan Houdini langsung berjalan secara otomatis setelah sebuah pengguna melakukan login ke perangkat Mac-nya.

Sederhana tapi berguna, terlebih bagi mereka yang mudah terdistraksi dengan sesuatu. Saya sendiri merekomendasikan aplikasi ini bagi mereka yang menghabiskan waktunya bekerja di Mac.

Houdini membantu kita untuk tetap fokus pada apa yang sedang dikerjakan tanpa harus memikirkan aplikasi lain yang sedang terbuka ataupun me-minimize-nya satu persatu.

Meski tak membantu untuk mengerjakan ataupun menyelesaikan sebuah pekerjaan kita, namun setidaknya Houdini dapat memastikan kita untuk bekerja tanpa distraksi.

Bagaimana, tak ingin bukan mengerjakan sebuah laporan lalu tiba-tiba terdistraksi dengan aplikasi Twitter yang sedang terbuka dan mengalihkan konsentrasi karena keasikan membaca timeline?

Houdini dapat diunduh lewat Mac App Store.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter