Teknologi digital telah mengubah industri bisnis di tanah air. Tak hanya dari segi transformasi teknologinya tetapi juga dari kolaborasi yang terjalin. Kini kolaborasi antar bisnis bisa semakin dipermudah. Tak jarang kita melihat sebuah layanan dibangun oleh beberapa bisnis berbeda yang menggabungkan layanannya. Intinya sekarang kolaborasi menjadi satu perhatian khusus di kalangan bisnis, tentu tujuannya untuk memberikan solusi baru dan saling memperkuat satu sama lain.

Berikut beberapa hal yang bisa dicoba untuk bisa lebih terbuka dan terhubung dengan bisnis yang lain.

Kerja dan kolaborasi secara remote

Banyaknya layanan yang memungkinkan untuk bekerja remote ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membangun tim, tetapi juga berkolaborasi, bekerja dengan tim lain. Kolaborasi yang mula banyak didengungkan di banyak bisnis karena dianggap bisa membawa sejumlah keuntungan mulai menjadi tren tersendiri. Untuk bisa memaksimalkan kolaborasi dengan berbagai pihak cobalah untuk mulai membuka diri dengan memungkinkan bekerja dan berkolaborasi secara online, secara remote.

Memanfaatkan layanan kolaborasi online yang tersedia ini bisa memangkas banyak hal salah satunya adalah waktu, baik waktu untuk perjalanan maupun waktu untuk berkolaborasi.

Mulai mendengarkan

Untuk menjadi terbuka dan bisa berkolaborasi dengan bisnis lainnya usahakan untuk mengenali dengan pasti setiap orang yang terlibat dalam tim. Berikan kesempatan mereka untuk memberikan masukan, ide, atau gagasan mereka. Hal tersebut bisa menjadi praktek terbaik untuk melatih usaha mendengarkan kemauan pihak lain, utamanya pihak luar yang sedang kita ajak untuk bekerja sama.

Mendengarkan pada umumnya bukan hal yang mudah. Karena dengan mendengar kita belajar untuk memahami orang lain, belajar untuk melihat dari sudut pandang orang lain yang sangat mungkin berbeda dengan kita. Itu mengapa praktek mendengarkan bisa dicoba di dalam tim terlebih dahulu.

Belajar dari pihak lain

Menjalin kerja sama atau kolaborasi tentu membawa sebuah misi tersendiri, entah bisnis atau yang lainnya. Yang jelas dalam setiap kolaborasi usahakan untuk belajar. Mulai dari belajar menjalin komunikasi yang baik hingga belajar untuk hal lain yang belum dimengerti. Hal ini termasuk salah satu yang terpenting dalam konsep kolaborasi.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.