8 December 2014

by Oki Rosgani

Belajar Menulis Aksara Sunda di Android Dengan Aplikasi 'Seseratan'

Indonesia memiliki budaya dan kultur yang beragam. Di Pulau Jawa saja, menurut informasi yang kami kutip dari laman Wikipedia, jumlah bahasa daerah selain bahasa Indonesia mencakup lebih dari 12 bahasa, diantara bahasa-bahasa itu terdapat Bahasa Sunda sebagai bahasa yang banyak digunakan setelah bahasa Jawa.

Seseratan adalah sebuah nama aplikasi Android yang bertujuan untuk mempelajari tulisan aksara Sunda, karena kataย 'Seseratan' sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah 'Menulis'.

Aplikasi ini dibuat oleh para programer di Seamolec (South East Asian Minister of Education Organization) yang sebelumnya berada di bawah satuan tugas yang sama dengan Pustekkom (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan).

Berbeda dengan aplikasi 'Learning Aksara Bali' yang ditampilkan dalam bentuk permainan, aplikasi Seseratan lebih mengarahkan pengguna untuk mempelajari segala hal tentang budaya Sunda, mulai dari Sejarah Sunda hingga cara penulisan dan mengenal jenis-jenis aksara Sunda seperti Aksara Swara, Aksara Ngalagena serta merangkaikan kata yang bisa diakses melalui menu Rarangken dan juga mengenal tanda bacanya serta menulis angka dalam aksara Sunda.

 

Info menarik:ย Liquid Leap, Smartband Pertama Acer, Akhirnya Tersedia di Indonesia

 

Menariknya, dalam aplikasi Seseratan ini, pengguna juga dilatih untuk bisa menulis aksara Sunda melalui fitur "finger draw". Dengan menggunakan ujung jari yang kita usapkan di atas layar perangkat bergerak, kita akan dapat mempelajari dan mengenal bagaimana menulis aksara Sunda tersebut.

Selain memberikan pengajaran tentang sejarah dan aksara Sunda, aplikasi Seseratan ini juga sekaligus dapat berperan dalam melestarikan Bahasa atau Basa Sunda sebagai bahasa daerah di Jawa Barat, yang kini sudah mulai terkikis oleh budaya baru yang datang dari luar.

Aplikasi Seseratan dapat diunduh secara gratis melalui halaman Google Play Store dan dapat digunakan oleh perangkat Android yang berjalan dengan sistem operasi Android versi 2.2 atau yang lebih tinggi.