Categories

Berita

KelasKita: Belajar Online Dengan Fitur Layaknya Social Media

Avi Tejo Bhaskoro - 18 June 2013

Pernahkah Anda membayangkan situs social media digabungkan dengan situs belajar online yang dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan? Mungkin Anda bisa cek website baru satu ini, KelasKita , yang menggabungkan fungsi-fungsi media sosial yang sudah akrab bagi banyak pengguna dengan situs e-learning yang menyediakan konten-konten pembelajaran umum yang sangat berguna untuk memperkaya pengetahuan.

Menurut situsnya, KelasKita adalah media sosial untuk memudahkan Anda membuat dan mengikuti kelas belajar secara online. Seperti halnya situs media sosial pada umumnya, KelasKita menghadirkan fitur mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya agar dapat membuat kelas belajar untuk para peserta didik bersama teman-teman, tim, maupun komunitas Anda. Selain itu tentunya Anda juga dapat mengikuti kelas belajar yang tersedia di KelasKita.

Fitur selayaknya media sosial memang menjadi faktor kunci yang kuat dari perkembangan KelasKita sendiri. Pengguna nantinya diharapkan dapat menggunakan situs ini dengan mudah dan dapat menikmati fitur-fiturnya yang kaya untuk memfasilitasi setiap pengguna yang ingin berbagi pengetahuan kepada pengguna lainnya.

Hingga saat ini, KelasKita memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang kebutuhan kelas belajar online (e-learning) diantaranya: fitur broadcast live video, real-time chalkboard, real-time notifications, timeline, serta fitur Quiz yang tentu mengasyikkan untuk dijadikan bahan pengetahuan sehari-hari, serta berbagai fitur lainnya.

KelasKita dapat dinikmati oleh berbagai kalangan pengguna, mulai dari siswa sekolah dasar, hingga mahasiswa. Bahkan, bagi karyawan maupun pedagang sekalipun dapat mengikuti pembelajaran yang disediakan KelasKita dan juga dapat mengikuti kelas-kelas yang dibuka bagi siapa saja. Kelas yang dibuka tentu dapat diatur baik itu kelas privat maupun kelas umum. Bagi kelas privat tentu pesertanya hanya bisa diikuti oleh pengguna yang Anda terima, sedangkan bagi kelas umum dapat diikuti oleh semua peserta bahkan asiknya bagi yang belum mendaftar sekalipun dapat mengikuti kelas secara percobaan.

Konsep penggabungan media sosial yang diusung oleh KelasKita, bisa dibilang merupakan konsep yang dianggap sangat mampu menyentuh berbagai kalangan di Indonesia. Pasalnya, masyarakat Indonesia yang kini dianggap sebagai salah satu “pasar” media sosial terbesar di dunia sangatlah akrab dengan segala aktivitas yang ada di layanan-layanan tersebut, seperti mencari teman, mengumpulkan relasi, menjaring dan membentuk komunitas, mencari berita terbaru, hingga menambah khazanah pengetahuan. Semua sering dilakukan oleh pengguna media sosial di Indonesia.

KelasKita yang sekarang masih dalam tahap proses pengembangan lebih lanjut, bisa saja menjadi salah satu alternatif kegiatan ber-“jejaring sosial” orang Indonesia dengan tidak hanya mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya saja, namun juga tetap menambah ilmu pengetahuan umum.

KelasKita juga dapat membuktikan – setidaknya proses pembelajaran tak harus selalu dari media konvensional seperti buku, makalah, dan lain sebagainya, namun juga dapat dilakukan di media online dan juga smartphone. Berbicara mengenai smartphone, KelasKita juga tersedia dalam aplikasi Android yang kini dapat diunduh secara gratis di laman Google Play ini. Hingga saat ini belum ada informasi lanjut terkait kehadiran aplikasinya di platform lain.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter