Categories

Gadget

Belanja Di Official Store dan Manfaatkan Diskon Akhir Tahun

Berbagai Tips Berbelanja Gadget Idaman di E-commerce

Wiku Baskoro - 12 December 2020

Belanja online mengalami tren peningkatan selama pandemi, dan salah satu kategori yang baik adalah gadget, ini dikarenakan masyarakat semakin bergantung pada teknologi untuk berkomunikasi, bekerja, dan berkarya.

Mengusung pendekatan Customer Satisfaction First, e-commerce lokal Blibli pun mendukung tren adopsi digital ini dengan menjaga keaslian produk dan memperluas pilihan produk di platform.

Berikut tips dari Blibli.com bagi pelanggan agar pelanggan bisa berbelanja gadget dengan aman dan nyaman secara online.

1. Pilih Official Store yang resmi dan terpercaya

Untuk memastikan produk orisinil dan terjamin kualitasnya, berbelanjalah di toko online yang langsung dikelola oleh pemilik maupun distributor resmi dari suatu brand atau gadget. Dengan demikian, pelanggan dipastikan mendapat produk yang 100% orisinil.

Supaya pelanggan mendapatkan produk dan layanan terbaik, Blibli bekerjasama langsung dengan brand owner, brand principal, dan official distributor untuk mendirikan Official Store yang dikurasi secara ketat. Blibli juga sering berkolaborasi bersama brand terdepan untuk melakukan exclusive launch dan pre-order agar pelanggan mendapatkan model teranyar di pasaran, yang tentunya orisinil.

Memilih gadget yang cocok dari banyaknya pilihan bisa membingungkan. Sebab itu, Blibli telah meluncurkan microsite yang bisa menjadi referensi pelanggan dalam memilih handphone, tablet, laptop, dan kamera sesuai kebutuhan. Hadirnya microsite ini juga bertepatan dengan Gadget Champions 2020 yang didukung oleh Blibli.

Keuntungan lainnya berbelanja gadget di Blibli adalah pelanggan mendapatkan garansi 15 hari retur di mana pelanggan bisa mengembalikan produk tanpa repot apabila ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Jeli dalam membeli

Gali informasi selengkapnya mungkin sebelum membeli. Perhatikan badge, seperti tanda centang Official Store dan Rating Seller, yang menandai performa seller dalam menghadirkan produk dan layanan berkualitas. Selain itu, periksalah deskripsi, spesifikasi, dan ulasan produk untuk meyakinkan bahwa produk yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memudahkan pelanggan yang ingin berkonsultasi langsung mengenai produk pilihannya, Blibli menyediakan fitur Chat Seller yang memudahkan pelanggan berkomunikasi langsung dengan seller. Tersedia pula layanan Customer Care 24/7 untuk melayani kebutuhan pelanggan, mulai dari spesifikasi barang hingga pengiriman.

3. Cek langsung kecocokan barang di toko offline

Ada beraneka rupa gadget yang bersifat sangat teknis sehingga pelanggan sebaiknya mengecek kesesuaian produk secara langsung di toko offline milik seller, jika ada. Salah satu contoh adalah lensa kamera yang perlu dipastikan kecocokannya dengan body kamera.

Menyadari hal ini, Blibli menghadirkan fitur Click & Collect di mana pelanggan dapat membeli gadget secara online di aplikasi Blibli dan mengambilnya di toko offline milik seller. Selain memastikan kecocokan produk, pelanggan juga bisa menikmati after-sales service yang disediakan oleh mitra toko Blibli.

4. Selesaikan transaksi lewat kanal pembayaran resmi

Saat melakukan proses pembayaran, lakukanlah langsung lewat berbagai metode pembayaran yang terkoneksi langsung ke platform. Blibli menghadirkan 10 metode pembayaran dengan 38 mitra, termasuk pembayaran lewat internet banking dan fasilitas kredit seperti Blibli PayLater, agar pelanggan bisa memilih opsi yang paling sesuai.

Keamanan transaksi dan data adalah fundamental bagi kenyamanan berbelanja online. Karena itu, Blibli menerapkan berbagai strategi, termasuk pada arsitektur IT dan application programming interface (API), untuk menjaga tingkat keamanan transaksi dan data. Blibli pun menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat ISO/IEC 27001:2013 dan meraih skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari BSSN sebab telah menerapkan berbagai sistem sesuai standar untuk mengamankan data pelanggan dan korporat.

Namun, pelanggan perlu juga bertindak bijak saat bertransaksi online. Pastikan bahwa platform yang dikunjungi adalah situs resmi Blibli dengan awalan HTTPS yang menandakan komunikasi di jaringan sudah diamankan. Yang terpenting, jangan membagikan kata sandi ke akun Blibli maupun perbankan atau virtual account ke pihak ketiga.

5. Maksimalkan fitur dan promo dari e-commerce

Platform berbelanja online sering menyelenggarakan promo spesial di mana pelanggan bisa membeli gadget incaran dengan harga khusus. Di tengah keadaan finansial yang menantang, penawaran seperti ini memungkinkan pelanggan menghemat anggaran namun tetap mendapatkan produk yang mereka butuhkan untuk tetap produktif di rumah.

Melalui Blibli, pelanggan dapat menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan fitur Tukar Tambah yang memungkinkan pelanggan untuk mengganti handphone lama dengan yang baru secara mudah lewat aplikasi Blibli. Selain itu, pelanggan dapat mendapatkan smartphone dengan harga Rp 0 melalui program Postpaid yang dihadirkan Blibli melalui kerja sama dengan operator terkemuka untuk melakukan bundling.

Dalam rangka Gadget Champions 2020, Blibli juga menyiapkan berbagai promo spesial agar pelanggan dapat memenuhi wishlist gadget idaman. Selama 14 – 20 Desember 2020, kategori Handphone & Tablet, Komputer & Laptop, dan Kamera memberikan penawaran khusus berupa voucher diskon tambahan sebesar maksimal Rp 120.000, Flash Sale hingga 90%, dan Promo Serba12 mulai dari Rp 12.000 – Rp 1,2 juta.

Blibli juga akan menyelenggarakan Gadget Fair pada 21 – 31 Desember 2020 di mana kategori Handphone & Tablet akan menghadirkan diskon ekstra hingga Rp 200.000. Di luar itu, kategori Komputer & Laptop akan melanjutkan program promo berupa diskon hingga Rp 500.000 dari brand-brand unggulan, sedangkan kategori Kamera akan menawarkan promo diskon hingga Rp 4,5 juta untuk brand-brand yang menjadi incaran pelanggan.

Menjaga kenyamanan dan keamanan berbelanja adalah kunci dalam membuat pelanggan tetap mempercayakan kebutuhan belanja gadget mereka pada e-commerce, bahkan nanti di fase Next Normal. Sebab itu, Blibli akan terus menjaga komitmen terhadap Customer Satisfaction First, yang mencakup ongkir gratis, pengiriman cepat, produk 100% berkualitas, pembayaran aman, retur 15 hari dan Customer Care 24/7, untuk pelanggan sesuai semangat #KarenaKamuNo1.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial dan didukung oleh Blibli.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter