Maksimalkan Aktivitas Belanja Online Lewat Aplikasi

Memaksimalkan Aktivitas Belanja Online Lewat Berbagai Aplikasi

Beda kategori aplikasi, beda pula keuntungan yang Anda dapatkan
Memaksimalkan Aktivitas Belanja Online Lewat Berbagai Aplikasi
Memaksimalkan Aktivitas Belanja Online Lewat Berbagai Aplikasi

Saat ini, banyak orang sudah mulai beralih ke belanja online untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini juga didukung semakin banyaknya pilihan yang disediakan oleh tiap brand untuk berlomba-lomba memenuhi kebutuhan pelanggannya secara online.

Sebagai pengguna, kita juga harus memanfaatkan kondisi tersebut untuk memaksimalkan aktivitas belanja online sehari-hari dan menikmati banyak keuntungan. Caranya adalah dengan meng-install berbagai aplikasi belanja dan tidak hanya bergantung pada satu platform saja. Secara umum, aplikasi belanja seluler terbagi menjadi tiga kategori, yaitu sebagai berikut.

1. Brand Commerce

Brand Commerce adalah aplikasi yang disediakan oleh perusahan yang ingin menjual produk merknya sendiri langsung melalui aplikasinya. Contoh dari kategori ini adalah aplikasi dari H&M, Zara, IKEA, Adidas, Watsons, dan sebagainya. Dengan menginstal aplikasi kategori ini, pelanggan bisa menikmati katalog dan promo khusus yang disediakan oleh brand.

Aplikasi brand commerce saat ini masih kurang populer jika dibandingkan dengan kategori aplikasi belanja lainnya. Menurut Laporan Aplikasi Belanja Seluler 2019 yang dirilis oleh Liftoff bekerja sama dengan Adjust, presentasi tingkat instal-hingga-beli pada kategori aplikasi brand commerce ini hanya sebesar 4,7%. Hal ini dapat disebabkan oleh permasalahan di dalam aplikasi dan kampanye promosi yang tidak dipersonalisasi dengan baik oleh pemilik brand. Meski begitu, tak ada salahnya sebagai pengguna untuk menginstal aplikasi kategori ini. Seba, tidak jarang pemilik brand memberikan diskon khusus yang hanya dapat digunakan lewat aplikasinya.

2. Marketplace

Pada kategori aplikasi marketplace, pengguna dapat melihat-lihat, memilih, hingga membeli produk dari berbagai brand dalam satu aplikasi. Contoh dari aplikasi ini adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan sebagainya. Keunggulan aplikasi ini adalah kemampuan untuk membandingkan harga antara barang yang sama dengan penjual yang berbeda. Sehingga sebelum membeli, Anda dapat memilih produk dengan penawaran terbaik.

Selain membandingkan kualitas dan harga di dalam satu aplikasi, memiliki beberapa aplikasi di kategori ini cukup menguntungkan. Sebab, kita juga dapat membandingkan harga untuk produk yang sama pada marketplace yang berbeda. Tak jarang pula penyedia platform marketplace memberikan diskon dan penawaran khusus yang dapat digunakan untuk membeli barang apa pun di aplikasi mereka.

Menurut Laporan Aplikasi Belanja Seluler 2019, aplikasi belanja dalam kategori marketplace merupakan yang paling diminati, dengan tingkat instal-hingga-beli yang sebesar 11,8%. Sebab, marketplace menawarkan varian produk yang lebih luas, harga dan penawaran menarik, serta pengalaman pengguna yang lebih baik dalam melakukan pembelian.

3. Value Add

Kategori aplikasi yang terakhir adalah aplikasi Value-add. Aplikasi pada kategori ini memberikan kita keuntungan tambahan dalam melakukan transaksi online. Di sisi lain, promosi yang dilakukan oleh aplikasi Value-add juga mendorong pengguna untuk melakukan pembelian yang dianggap menguntungkan. Contoh dari aplikasi ini adalah Shopback untuk mendapatkan cashback pada transaksi online atau Akulaku untuk membantu pembayaran secara kredit. Dengan menggunakan aplikasi pada kategori ini, kegiatan belanja dapat lebih menguntungkan. Sebab kita memiliki banyak opsi tambahan dalam mendapatkan bonus, serta memudahkan transaksi yang dilakukan.

Dengan memiliki berbagai aplikasi tersebut, pengguna dapat memaksimalkan pengalaman belanjanya melalui platform online dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Selain itu, brand perlu memanfaatkan tiga kategori aplikasi tersebut untuk mendorong pembelian. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kecenderungan pengguna dalam menggunakan ketiga kategori aplikasi belanja di atas, Anda dapat mengunduh Laporan Aplikasi Belanja Seluler 2019 dari Liftoff bekerja sama dengan Adjust lewat tautan ini.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Adjust.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…