Categories

Gadget

Belkin BoostUp Wireless Charging Dock Dapat Mengisi Tiga Perangkat Buatan Apple Sekaligus

Sayang satu harus via sambungan USB biasa, belum wireless semuanya

Glenn Kaonang - 25 September 2018

iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X yang dirilis tahun lalu adalah smartphone pertama Apple yang mendukung wireless charging. Begitu antusiasnya Apple dengan fitur tersebut, mereka juga sempat menyinggung soal wireless charger garapan mereka sendiri yang bernama AirPower, yang dirancang untuk mengisi ulang baterai tiga perangkat sekaligus: iPhone, Apple Watch, dan AirPods.

Sayangnya, hingga peluncuran iPhone XS, XS Max dan XR beberapa waktu lalu, AirPower tak kunjung diluncurkan. Menurut rumor yang berseliweran, Apple belum bisa mengatasi problem overheating pada AirPower, sehingga mereka memilih untuk terus bungkam soal perangkat tersebut, dan sampai sekarang tidak ada yang tahu apakah Apple masih berniat merilisnya atau tidak jadi sama sekali.

Ketidakjelasan ini dimanfaatkan dengan baik oleh produsen aksesori macam Belkin. Mereka baru saja mengungkap aksesori bernama BoostUp Wireless Charging Dock yang sanggup mengisi ulang tiga perangkat sekaligus, meski salah satunya bukan secara wireless. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar, yang di-charge secara wireless hanyalah iPhone dan Apple Watch, lalu satu perangkat sisanya menggunakan sambungan USB biasa.

Secara teknis, charger ini mampu mengisi iPhone yang kompatibel dengan kecepatan 7,5W. Untuk Apple Watch, sayang kapasitasnya cuma 5W/1A, demikian pula yang menyambung via USB – bisa Anda bayangkan sendiri betapa lamanya mengisi ulang iPad lewat sambungan USB-nya. Charger-nya sendiri menggunakan adaptor 45W.

Belkin PowerHouse Charge Dock / Belkin

Terlepas dari itu, yang ingin ditonjolkan adalah kepraktisan mengisi ulang tiga perangkat menggunakan satu charger saja, meski belum sepraktis sesumbar Apple terkait AirPower. Alternatifnya, kalau hanya perlu mengisi iPhone dan Apple Watch saja, ada PowerHouse Charge Dock yang lebih menyerupai docking charger tradisional dengan konektor Lightning.

Belkin berencana memasarkan BoostUp Wireless Charging Dock pada bulan Desember seharga $160, sedangkan PowerHouse Charge Dock lebih awal di bulan November seharga $100. Sekali lagi, keduanya bukanlah alternatif setara AirPower, tapi setidaknya penawaran Belkin ini tidak bersifat gaib.

Sumber: 9to5Mac dan PR Newswire.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter