Belkin SoundForm Connect Ubah Speaker Apapun Jadi Speaker Nirkabel dengan AirPlay 2

Dukungan AirPlay 2 juga berarti pengguna bisa mengikutkan speaker lama ke dalam setup multi-room dengan Belkin SoundForm Connect

Speaker baru belum tentu kualitas suaranya lebih bagus daripada speaker lama, dan itu saja sebenarnya sudah cukup untuk menjadi alasan mengapa kita harus menyimpan speaker lama kita dengan baik. Namun tidak bisa dipungkiri, konektivitas nirkabel yang ditawarkan speaker modern sangatlah memudahkan penggunaan sehari-hari, dan ini yang sering kali membuat kita move on dari speaker lawas.

Kabar baiknya, di luar sana ada banyak perangkat yang bisa dipakai untuk menyulap speaker lama menjadi speaker wireless. Contohnya adalah perangkat bernama Belkin SoundForm Connect berikut ini, yang mampu menghadirkan dukungan AirPlay 2 ke speaker apapun yang dilengkapi colokan input 3,5 mm atau optical.

Jadi dengan menghubungkan SoundForm Connect ke speaker via salah satu pilihan input tadi, maka pengguna bisa langsung meneruskan audio dari iPhone, iPad, Mac, maupun Apple TV menuju ke speaker secara nirkabel. AirPlay 2 memanfaatkan sambungan Wi-Fi ketimbang Bluetooth, dan itu berarti latensinya pun jauh lebih minimal daripada menggunakan sebuah adaptor Bluetooth.

Kalau Anda masih ingat dengan Chromecast Audio, premis yang ditawarkan perangkat ini sejatinya tidak jauh berbeda. Yang berbeda hanyalah dukungan ekosistemnya. AirPlay 2 sendiri juga berbeda dari generasi pertamanya. Yang paling utama, AirPlay 2 mendukung teknologi multi-room, yang berarti speaker lama Anda juga bisa diikutkan ke dalam setup multi-room dengan bantuan Belkin SoundForm Connect ini.

Secara teknis, SoundForm Connect mendukung streaming audio dengan resolusi maksimum 16-bit/44,1 kHz. Di resolusi tersebut, audio pada dasarnya sudah bisa dikategorikan lossless. Kebetulan Apple baru-baru ini mengumumkan bahwa Apple Music akan segera kedatangan konten musik lossless, dan ini semestinya bisa menjadi alasan tambahan untuk menggaet perangkat ini dan mengubah speaker lawas menjadi speaker AirPlay 2.

Di Amerika Serikat, Belkin SoundForm Connect saat ini telah dipasarkan seharga $100. Memang jauh dari kata murah, apalagi mengingat HomePod Mini sendiri dijual di harga yang sama persis. Pun demikian, perangkat ini tetap merupakan salah satu opsi terbaik untuk menjadikan speaker-speaker lawas tetap relevan di era serba wireless.

Sumber: 9to5Mac.