Waktu akan jadi tidak terbuang dan ada banyak hal negatif dapat dihindari apabila kita tahu siapa yang ingin bertamu ke rumah. Tidak masalah jika mereka adalah keluarga, teman dekat, atau jasa pengiriman barang yang Anda tunggu-tunggu. Tapi bagaimana seandainya pengunjung tersebut ternyata hanya meminta sumbangan atau punya niat buruk terhadap Anda?

Inilah alasan yang mendorong perusahaan Netvue mengembangkan Belle. Perangkat unik ini dirancang sebagai penerima tamu pribadi Anda, dengan wujud berupa bel rumah pintar. Belle dibekali kecerdasan buatan sehingga bisa segera mengenali identitas pengunjung serta mewakilkan sang pemilik rumah, mampu beroperasi tanpa mengharuskan Anda menggajinya tiap bulan.

Belle mempunyai wujud mirip kapsul berdimensi 13,5×5,3×3-sentimeter, disajikan dalam pilihan warna putih dan hitam. Layaknya bel rumah biasa, perangkat bisa Anda taruh di depan pintu. Untuk berinteraksi dengan Belle, tamu tinggal menekan tombolnya. Selanjutnya, bel pintar ini akan menyapa dan menanyakan tujuan kedatangan mereka. Canggihnya lagi, Belle dapat segera membuka pintu jika mengenal wajah penghuni rumah.

Belle 1

Kemampuan tersebut tercapai berkat dukungan sistem facial recognition, menjadi kian efektif dengan semakin seringnya interaksi. AI siap mendukung kunjungan ke rumah secara berkala, serta memperkenankan tamu meminta bertemu dengan penghuni umah secara spesifik – akan diteruskan via notifikasi app. Belle juga dapat menyapa pengirim paket, dan meminta mereka untuk meninggalkan barang tersebut di depan pintu andai tak ada orang.

Belle 3

Belle ditunjang kemampuan live streaming, night vision, serta mendengarkan suara – semuanya bisa diakses dari smartphone. AI juga membuatnya mengetahui adanya gerakan-gerakan yang tidak wajar – misalnya seseorang mencoba membuka bungkus paket sewaktu Anda tidak di rumah. Belle merekam secara real-time dan hasilnya dapat dibuka di Netvue Cloud Service. Alternatifnya, Anda bisa segera menghubungi tetangga untuk mengeceknya.

Belle 4

Belle kompatibel dengan sistem kunci elektronik sehingga dapat membuka pintu secara otomatis, dan mendukung penuh asisten digital Amazon Alexa. Lalu seandainya sambungan internet sedang terputus, Belle turut ditunjang fitur panggilan suara. Anda bisa menjawab panggilan secara langsung atau merespons dengan preset yang tersedia (‘masih di perjalanan’ atau ‘tidak bisa berbicara sekarang’).

Belle bisa Anda pesan sekarang di Kickstarter seharga mulai dari US$ 150.

Menurut saya, Belle lebih cocok digunakan oleh Anda yang tinggal di apartemen. Alasannya sederhana: mayoritas rumah di Indonesia memiliki pagar, dan meninggalkan perangkat pintar seharga US$ 150 di luar pekarangan rumah belum bisa diterima oleh kebanyakan orang.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.