22 February 2017

by Bambang Winarso

Belum Rilis, Nokia 8 Sudah Mejeng di Toko Online JD.com

Dalam listing ini, Nokia 8 dibanderol seharga $463

Nokia diyakini bakal melepaskan beberapa seri smartphone dan juga model baru ponsel jadul Nokia 3310 di ajang MWC 2017, salah satunya yang cukup menarik perhatian adalah ponsel pintar Nokia 8. Tapi belum lagi dirilis resmi, menurut bocoran dari Gizmochina, Nokia 8 sudah duluan mejeng di toko retail ternama Tiongkok, JD.com.

JD.com tak membeberkan kapan Nokia 8 akan tersedia di toko mereka, namun mereka sudah memberikan label harga untuk ponsel teratas HMD Global itu dengan banderol $463. Rasa penasaran Anda dengan ponsel bernama lain P1 ini terjawab karena dalam listingnya, JD.com juga menyertakan dengan beberapa foto perangkat.

Smartphoneflagship Nokia 8 diberitakan bakal mengemas spesifikasi kunci yang cukup menjanjikan, di antaranya bekal kamera 22,3MP untuk bagian belakang dan depan. Tak seperti beberapa rival, HMD Global masih membekali cikal bakal ponsel unggulannya ini dengan audio jack 3.5mm yang dikombinasikan dengan USB tipe C.

Ukuran layar yang digunakan kemungkinan selebar 5,7 inci dengan resolusi QHD (1440 x 2560 piksel) seperti yang ditawarkan oleh Honor V9. Layar ini akan menjadi rumah bagi chipset Snapdragon 821, meski bukan generasi baru namun chipset ini masih pantas disebut sebagai komponen kelas atas. Rumor lain menyebutkan chipset Snapdragon 835, tetapi sejumlah pihak lebih condong ke pilihan pertama.

Sisi interfaceย bakal jadi salah satu daya tarik di Nokia 8 atau Nokia P1, dengan bekal Android 7.0 Nougat tampilan ponsel tak hanya lebih rapi tapi juga menawarkan fitur-fitur baru yang tak dijumpai di Marshmallow ataupun Lollipop. Ponsel bakal tiba dengan pilihan memori 64GB dan 128GB serta opsi ruang simpan tambahan melalui memori eksternal.

HMD Global sendiri belum memberikan bocoran apapun soal Nokia 8. Namun mengingat JD.com adalah retailer eksklusif untuk Nokia 6, kecil kemungkinan listing ini dibuat hanya untuk membuat sensasi jelang peluncuran resminya.

Gambar header ilustrasi Nokia 6.