Benarkah Ini Prototype Smartwatch E-Paper Buatan Sony?

Benarkah Ini Prototype Smartwatch E-Paper Buatan Sony?

detail_355_FESWatch_Gallery01_name
detail_355_FESWatch_Gallery01_name

Minggu lalu ada cerita menarik yang melibatkan Sony, dimana perusahaan asal Jepang tersebut disebut-sebut sedang mempersiapkan perangkat smartwatch yang menghadirkan teknologi e-paper pada tampilannyaKabar teranyar menyebutkan bahwa purnarupa smartwatch tersebut sudah menampakkan diri.

Namun ada kabar menarik dari kemunculan purnarupa smartwatche-paper Sony ini. Menurut Wall Street Journal via PCworld disebutkan bahwa prototype perangkat Sony tersebut ternyata sudah membuat pergerakan sejak September lalu lewat sebuah kampanye di situs crowdfunding lokal dengan nama FES Watch.

Tanpa menggunakan brand Sony, FES Watch berhasil mengelabui banyak orang sebelum akhirnya pihak Sony perlahan memberikan bocoran dan detail proyek tersebut.

Pencetusan ide pembuatan smartwatch menggunakan e-paper merupakan strategi pembeda dalam mengangkat posisi mereka di pentas persaingan wearable device. Juru bicara Sony mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa proyek yang sedang dalam pengembangan tersebut diberi nama “Fashion Entertainments”, yang juga merupakan konsep utama yang diboyong perangkat.

 

Info Menarik: Drone Ini Bisa Bantu Korban Serangan Jantung

 

Yang tak banyak diketahui oleh orang sebelumnya bahwa FES smartwatch dikembangkan oleh Fashion Entertainments yang ternyata merupakan sub divisi Sony.

Cerita lengkapnya, Fashion Entertainments ini merupakan anak dari divisi New Business Creation Department yang ditujukan untuk mendorong inovasi perusahaan dengan memberikan kesempatan siapapun yang mempunyai ide untuk dibangun menjadi bisnis baru yang sukses.

detail_355_FESWatch_WatchAction

Jika diperhatikan, FES Watch memang cocok dengan profil dengan smartwatch Sony yang terbuat dari e-paper. Kecocokan paling kentara dan mudah ditemukan tentu adalah teknologi e-paper yang digunakan oleh FES Watch yang memungkinkan perubahan warna dan corak perangkat sesuai suasana hati pengguna, mulai dari layar sampai ke pergelangan jam tangan.

detail_355_FESWatch_SkinChange03-2

detail_355_FESWatch_SkinChange01-2

Fitur perubahan warna dan pola ini bisa jadi senjata ampuh untuk menjegal smartwatch-smartwatch buatan brand lain yang relatif berbalut warna-warna dan corak yang statis atau tidak bisa diganti secara keseluruhan, biasanya hanya tampilan tengah jam saja yang bisa diubah. .

 

Info Menarik: Game Marbel Olahraga Bantu Anak-Anak Mengenal Macam-Macam Olahraga

 

Yang tak kalah menarik dari FES Watch adalah rancangan penunjuk waktu yang unik dan menyenangkan. Untuk penunjuk waktu jam, perangkat akan menampilkan satu angka saja kemudian untuk penunjuk menit akan diwakilkan oleh jarum.

Perangkat FES Watch memiliki bobot 50,6 gram dengan suplai tenaga yang cukup baik dimana baterai perangkat diklaim mampu bertahan hingga 60 hari, bahkan lebih dengan pengaturan yang tepat.

Saat ini kampanye FES Watch sudah ditutup dengan target pendanaan 2 juta Yen atau $17000, hanya dalam waktu 3 minggu total dana yang masuk mencapai 3,5 juta Yen dari pendonor mencapai 150 orang.

Meski pihak Sony tidak bersedia memberikan bocoran peluncuran perangkat, namun ada kemungkinan jam tangan pintar dengan teknologi e-paper ini akan hadir pertengahan tahun depan.

https://www.youtube.com/watch?v=omvve2pVPH0#t=11

Sumber gambar header Makuake.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…