Akan Tiba di Indonesia, Vivo X5Pro Andalkan Performa Audio

Benarkah Vivo X5Pro Ialah Smartphone Dengan Output Suara Terindah?

Vivo X5Pro 01
Vivo X5Pro 01

Dengan tidak terburu-buru, brand Vivo masuk ke pasar smartphone lokal tanpa disadari banyak orang. Setelah mereka yakin bahwa Indonesia merupakan wilayah berpotensi tinggi, sang produsen Dongguan itu memutuskan untuk mengadakan peluncuran produk andalan terbaru secara besar-besaran, sekaligus menandai pendaratan resmi mereka di nusantara.

Ingatkah Anda kapan terakhir kali membeli unit music player dedicated? Bagi mayoritas orang, peran gadget tersebut telah tergantikan atau terintegerasi dalam smartphone. Pertanyaannya kini adalah, seberapa banyak handset dengan kapabilitas olah suara yang benar-benar mumpuni? Jawaban Vivo ialah handset bernama X5Pro. Seperti varian di keluarga X5, X5Pro dijanjikan memiliki performa audio canggih.

Vivo X5Pro 02

Vivo X5Pro 03

Terlepas dari kemiripannya dengan handset flagship racikan sebuah perusahaan ternama dunia, banyak aspek positif dapat kita temukan dalam desain X5Pro. Lewat sesi hands-on sesaat, saya menyukai rancanganya. Ketebalannya hanya 6,2 milimeter, dan ada layar full-HD Super AMOLED 5,2-inci hadir sebagai gerbang akses konten. Bagian bezel samping melengkung manis tanpa sudut, kemudian sisi depan dan belakang diproteksi lapisan Corning Gorilla Glass 2.5D. Begitu halusnya permukaan smartphone, X5Pro selalu tergelincir dari tatakan di atas meja demonstrasi.

Vivo X5Pro 05

Kembali membahas suara, awalnya saya kurang yakin terhadap klaim kualitas Hi-Fi X5Pro. High fidelity ialah istilah para antusias musik dan audiophile, mengacu pada reproduksi audio berkualitas tinggi. Sebutan Hi-Fi tidak boleh asal dilontarkan, ia memerlukan pembuktian serta pengakuan ahli. Namun Vivo memang tidak main-main, mereka mencantumkan chip AKMDAC AK4375 racikan Cirrus Logic serta Maxim dalam jeroannya.

Info menarik: HTC One M9 INK, Smartphone Bertato Edisi Terbatas Resmi Diungkap

Fitur Hi-Fi harus diaktifkan terlebih dulu, dan hasilnya sungguh memuaskan. Dua lagu pertama yang mengalun, Set Fire to the Rain-nya Adele dan Over You dari Daughtry terdengar istimewa. Tapi perlu diingat, keunggulan output menuntut kebutuhan tinggi pula. Supaya bekerja optimal, minimal Anda harus menggunakan in-earphone bawaan X5Pro, atau headphone kelas audiophile. File musik digital juga sebaiknya bukan tipe kompresi (rekomendasi FLAC).

Vivo X5Pro 06

Pelengkap yang tidak kalah unik adalah SmartWake 2.0. Ia memungkinkan kita membuka aplikasi smartphone langsung dari lockscreen hanya dengan menulis/menggambar di layar. Anda bisa menambahkan satu profile custom. Tinggal pilih app, lalu edit pola dalam satu tarikan tak terputus. SmartWake 2.0 ialah satu dari beragam fitur di sistem operasi FunTouch OS 2.1 berbasis Android 5.0 Lollipop. Para produsen handset Negeri Tirai Bambu tampaknya gemar meramu platform sendiri-sendiri.

Vivo X5Pro 09

Beralih ke kapabilitas fotografi, Anda akan menemukan rangkaian kamera handal. Untuk keperluan pengambilan gambar sehar-hari, kita mendapatkan sensor PDAF (phase-detection autofocus) 13-megapixel plus lensa 6P f/2.4. Dengan menyampingkan penjelasan terlalu teknis, PDAF memastikan proses capture berjalan seketika tanpa mengorbankan hasil foto.

Info menarik: Gionee Elife E8 dan Marathon M5 Diumumkan, Duet Maut dengan Senjata Pamungkas Berbeda

Anda penggemar selfie? Vivo turut menyiapkan kamera depan berspesifikasi spesial: sensor 8-megapixel, aperture f/2.0 dan Smart Beauty Mode. Mode terakhir ini mampu mengetahui jenis kelamin serta warna kulit, kemudian ‘mempercantik’ penampilan Anda. Kita juga dapat mengaktifkan shutter tanpa menyentuh layar atau tombol visik, cuma lewat lambaian tangan via fitur Palm Capture.

Vivo X5Pro 08

Sebagai otaknya, Vivo X5Pro menggunakan prosesor octa-core 64-bit 1,5GHz dan GPU Adreno 405 di system-on-chip Qualcomm Snapdragon 615 MSM8939. Komponen dipadu RAM 2GB, penyimpanan internal 16GB (bisa diperluas sampai 128GB), baterai 2.450mAh, beserta konektivitas GSM, Bluetooth, Wi-Fi, sensor jarak, cahaya, gravitasi dan gyroscope.

Vivo X5Pro 10

“Indonesia adalah negara dengan penduduk berjiwa energik, terutama kalangan urban muda yang mencapai 62 juta orang, sekitar 25 persen dari jumlah populasinya,” kata Vice President sekaligus Chief Marketing Officer Vivo Global, Alex Feng. “Vivo hadir buat konsumen bersemangat muda, trendy, dan fashionable – karena mereka sangat terbuka terhadap teknologi baru dan mempunyai aspirasi tinggi untuk smartphone berteknologi canggih.”

Vivo X5Pro 07

Smartphone Vivo X5Pro rencananya segera tersedia di Indonesia di akhir bulan Juni 2015 ini. Ia dijajakan seharga Rp 5 juta. Info lengkapnya bisa diperoleh di situs VivoGlobal.com.

Vivo X5Pro 11

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…