Categories

Home Appliance

Benci Melipat Baju? Serahkan Saja Pada FoldiMate

Dilengkapi tangan-tangan robotik yang akan melipat berbagai jenis pakaian dengan cepat dan konsisten

Glenn Kaonang - 8 June 2016

Anda benci melipat baju? Saya juga. Melipat adalah tahap yang paling mengesalkan dalam keseluruhan proses mencuci baju. Dan repotnya lagi, hingga kini belum ada mesin khusus yang bisa membantu kita soal ini; mesin cuci dan mesin pengering sudah ada sejak lama, bagaimana dengan mesin pelipat baju?

Well, impian kita ini sebentar lagi akan dikabulkan oleh perangkat unik bernama FoldiMate. Pihak pengembangnya mendefinisikan FoldiMate sebagai "robot pelipat pakaian otomatis", sehingga ia akan sangat ideal didampingkan dengan mesin cuci dan mesin pengering pakaian.

Ukurannya sendiri cukup besar, tepatnya 71 x 81 x 79 cm, hampir sama seperti mesin cuci. Ia pun dirancang untuk bisa ditumpuk di atas mesin cuci atau mesin pengering, sehingga semuanya bisa ditempatkan di dalam satu ruangan demi kenyamanan pengguna.

Lalu seberapa efektif kinerjanya? Pertama-tama, pengguna diminta untuk menjepitkan 15 - 20 potong pakaian pada bagian depan FoldiMate. Selanjutnya, pakaian-pakaian tersebut akan dibawa ke dalam satu per satu, dimana tangan-tangan robotik milik FoldiMate akan merampungkan tugasnya.

Prosesnya cukup cepat, hanya sekitar 10 detik untuk melipat sepotong pakaian. Hasilnya juga dipastikan akan konsisten dalam ukuran 23 x 28 cm, namun pengguna juga bisa menyesuaikan ukuran ini dengan seleranya.

Pengguna hanya perlu menjepitkan pakaian pada bagian depan, dan serahkan saja sisanya pada FoldiMate / FoldiMate

Satu catatan penting: tidak semua jenis pakaian bisa FoldiMate lipat. Baju, celana, handuk, sarung bantal bisa ia lipat, namun tidak untuk sprei atau malah yang kecil-kecil seperti celana dalam dan kaus kaki.

Setelah melipat pakaian, FoldiMate juga bisa sedikit menghaluskan sekaligus menyemprotkan pewangi dan pelembut pada setiap potong pakaian. Pun begitu, fitur ini memerlukan komponen khusus yang akan dijual terpisah, dan pengguna juga harus ingat bahwa ini tak bisa dijadikan pengganti setrika.

Oke, FoldiMate memang tidak sepenuhnya sempurna, namun ia merupakan solusi terbaik sejauh ini bagi kita yang selalu dibuat frustasi ketika harus melipat pakaian. Sayang masih ada kekecewaan ekstra: FoldiMate baru akan menerima pre-order pada tahun 2017 dengan kisaran harga $700 - $850, dan barangnya baru bisa dikirim paling cepat tahun 2018.

Sumber: Gizmag.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter