23 October 2012

by Amir Karimuddin

Benefit Terbaru Pegawai Evernote: Jatah Pembersihan Rumah

Di Silicon Valley, perusahaan teknologi berlomba-lomba memberikan tambahan benefit bagi pegawainya supaya betah dan senang bekerja di pekerjaan tersebut. Banyak benefit yang sudah umum kita dengar, misalnya jatah makan gratis sepanjang hari, ketersediaan sarana permainan (video games, biliar, dan permainan lainnya), ataupun kehadiran laundry gratis. Nah, Evernote berusaha menjangkau pegawainya dengan lebih personal melalui benefit jatah pembersihan rumah.

Tidak salah dengar, sekarang semua pegawai full time Evernote -- 25o orang, dari resepsionis sampai eksekutif -- memperoleh jatah pembersihan rumah dua kali sebulan. Tentu saja ini layanan cuma-cuma yang diberikan perusahaan. Langkah ini cukup dimengerti karena semoga kegiatan domestik di negara-negara Barat biasa dilakukan sendiri dan itu kadang-kadang merepotkan buat orang yang sudah terlalu lelah saat pulang dari kantor.

Praktek pemberian benefit yang sudah mencakup kebutuhan pribadi dan keluarga ini ternyata mulai menjadi praktek umum bagi perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat. Sudah mulai banyak perusahaan yang membantu karyawan mencari pengasuh anak jika dibutuhkan secara mendadak, memberikan uang tambahan bagi orang tua yang baru memiliki anak atau bahkan bantuan kesehatan jika ada keluarga karyawan yang mengalami gangguan kesehatan.

Yang lebih penting untuk kita, kapan ada perusahaan semacam ini di Indonesia?

[sumber berita]