Categories

Gadget

BenQ Invasi Ranah Smartphone Dengan Device Spesialis Selfie

Yoga Wisesa - 21 April 2015

Semenjak dipopulerkan oleh Kate Losse, tren selfie menyerbu ke hampir semua level kalangan. Kegemaran ber-selfie semakin menjadi berkat tersedianya banyak pilihan handset ditambah kemudahan penggunaan serta akses ke sosial media. Itu alasannya mengapa tak sedikit produsen smartphone kini mengusung kemampuan self portrait sebagai senjata andalan mereka.

Fakta unik dari selfie adalah wanita secara signifikan lebih gemar mengambil foto dirinya ketimbang pria. Dan hal tersebut memberi ide berbeda bagi BenQ. Buat banyak orang, nama BenQ melekat pada produk-produk monitor LCD, kamera, notebook dan proyektor. Sebenarnya mereka telah lama menekuni lini ponsel, bahkan sempat mengakuisisi Siemens dan memasarkan brand BenQ-Siemens. Pada akhirnya, mereka memutuskan menyerbu wilayah smartphone dengan device bernama B502.

Dalam acara peluncuran BenQ B502, beberapa jurnalis setuju sang produsen barang elektronik asal Taiwan ini  masih belum bisa menghilangkan ciri khas mereka dalam menamai produk. Tanpa deskripsi dan foto, mungkin Anda akan mengira B502 adalah sebuah monitor atau proyektor. Nyatanya perangkat tersebut jauh lebih menarik, BenQ B502 ialah smartphone yang disiapkan bagi kalangan muda, khususnya para wanita, dengan spesialisasi pada selfie.

Info menarik: Smartphone Berkelas BenQ F52 Siap Ramaikan MWC 2015?

Secara desain, BenQ B502 diklaim mempunyai rancangan elegan, tipis, nyaman digenggam dan menunjang kebutuhan gaya hidup serta penampilan. Country General Manager BenQ Asia Pasifik Eko Handoko Wijaya bertanya pada seorang wartawati, menurutnya apa yang membuat smartphone ideal dan enak digunakan. Sang jurnalis menjawab, ia tidak terlalu mempedulikan hardware selama handset terlihat menarik, bekerja dengan lancar, serta nyaman dibawa-bawa.

Hal inilah yang tampaknya ditekankan oleh BenQ B502. Device memiliki ketebalan tujuh milimeter dan berat hanya 125 gram. Untuk jendela akses ke konten digital, B502 menyajikan layar IPS lima-inci beresolusi 1280x720. Produsen Taiwan itu menerangkan, kombinasi semuanya 'membuat smartphone terlihat seksi dan sangat fashionable'. Demi mengukuhkan janji itu, BenQ turut menggandeng aktris Olivia Jensen sebagai brand ambassador.

Dalam slide presentasinya, Eko Handoko menjelaskan tim teknisi sudah menambatkan sensor 5-megapixel untuk mendukung hobi selfie di kamera depan. Ia sempat menuturkan bahwa 5-Mp merupakan sensor berukuran terbaik buat self portrait. Pernyataan tersebut mendorong saya bertanya, selain software dan aplikasi, perangkat keras spesialis selfie apa yang BenQ tanamkan di dalamnya? Lalu jika begitu, mengapa hanya 5-Mp?

Sayangnya tidak ada jawaban jelas dari BenQ selain bagaimana mereka fokus meracik handset khusus pengguna wanita yang gampang dioperasikan, elegan dan ringan. Tak perlu kecewa, karena BenQ tak lupa membekali B502 dengan beragam fitur dalam fungsi fotografi. Contohnya semisal Instant Beauty, memastikan objek foto selalu tampil menawan; Beauty Mode supaya kulit tampak segar dan cantik di setiap jepretan; dan software Q Family BenQ.

Info menarik: Wakili Indonesia di Asia Pasifik, NXL Menangkan Turnamen BenQ CS:GO League 2014

Kamera utamanya sendiri menggunakan sensor 13-megapixel 4128x3096 dibantu fitur video, LED flash, autofocus, geo-tagging, touch focus dan face detection.

Namun apapun argumentasi BenQ, sudah pasti komposisi hardware ialah faktor pertimbangan krusial sebelum membeli smartphone. Untung saja jeroan B502 tidak mengecewakan. Ia dipersenjatai system-on-chip Mediatek MT6582 berprosesor quad-core 1,3GHz, mengambil tenaga dari baterai 1.800mAh, dan berjalan di sistem operasi Android 4.4.2 KitKat. Terdapat opsi 1GB RAM dengan penyimpanan internal 8GB dan 2GB RAM dengan flash memory 16GB.

Sisi konektivitasnya seperti biasa, ada Wi-Fi, Bluetooth 3.0, GPS, microUSB 2.0, beserta sensor proximityaccelerometer, plus fitur favorit konsumen Indonesia, yaitu dual SIM.

Masa pemesanan BenQ B502 akan mulai dibuka di situs Lazada mulai tanggal 22 April 2015. Versi 1GB dijajakan di harga Rp 1,5 juta dan varian 2GB-nya dibanderol Rp 1,9 juta. Sang GM mewati-wanti agar Anda segera bersiap-siap karena persediaan terbatas, dan setelah periode promo, harga akan kembali normal menjadi Rp 1,8 juta dan Rp 2,2 juta.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter