Categories

Gadget

Berakhirnya Masa Update Gratis Tidak Membuat User Buru-Buru Beralih ke Windows 10?

Windows 10 kini menguasai 21,3 persen ranah sistem operasi desktop.

Yoga Wisesa - 2 August 2016

Sebagai bagian dari strategi mengumpulkan satu miliar pengguna, Microsoft memberikan kesempatan upgrade gratis dari Windows 7 dan 8 ke Windows 10 selama satu tahun. Masa itu telah habis tepat di tanggal 29 Juli 2016 kemarin. Pertanyaannya kini ialah, apakah berakhirnya kesempatan ini mendorong para user untuk buru-buru memperbarui sistem operasi di PC mereka?

Sepertinya, batas waktu upgrade gratis tidak terlalu memotivasi pengguna. NetMarketShare mengungkap data penggunaan OS di bulan Juli: meskipun di sana Windows 10 menunjukkan peningkatan, kenaikannya tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa deadline tidak mendorong konsumen yang menunda-nunda untuk segera menginstal platform teranyar racikan Microsoft tersebut. Dengan begitu, boleh jadi laju adopsinya malah berkurang di bulan Agustus.

Mari kita bahas angkanya sedikit lebih rinci. Di bulan Juli, pemakaian Windows 10 naik 1,99 persen, dari 19,14 persen ke 21,13 persen. Sebagai perbandingan, sistem operasi tersebut mengalami eskalasi sebesar 1,71 persen di bulan Juni, dan 2,09 persen di bulan Mei.

Kerja keras Microsoft memasarkan Windows 10 memang membuahkan hasil membanggakan. Dengan menghidangkannya secara gratis, kini ia menguasai 21,3 persen ranah sistem operasi desktop. Namun kita tahu, dalam prakteknya, sang produsen asal Redmond itu menerapkan beberapa taktik yang dikeluhkan user, misalnya mengunduh file tanpa sepengetahuan pemilik PC.

Penurunan terbesar dialami oleh OS favorit yang sudah menginjak usia tujuh tahun, Windows 7. Tapi walaupun ia kehilangan 2,04 persen, Windows 7 masih mendominasi kategori OS desktop dengan 47,01 persen. Windows 8.1 sendiri memperoleh sedikit depresiasi, yaitu sebesar 0,21 persen, sekarang berada di 7,8 persen. Dan ada kabar menarik dari platform jadul Microsoft, Windows XP. Pemakaiannya terlihat kembali meningkat, dari 9,78 persen jadi 10,34 persen di bulan Juli.

Meskipun periode update gratis sudah habis, kesempatan beralih ke Windows 10 tanpa mengeluarkan ratusan ternyata dolar masih terbuka bagi user yang menggunakan 'assistive  technologies'. Microsoft menjelaskan bahwa metode ini bukanlah solusi bagi mereka yang melewatkan batas kadaluarsa, namun karena produsen juga tidak mengaplikasikan sistem verifikasi, sangat mungkin bagi pengguna biasa untuk memanfaatkannya.

Caranya? Cukup kunjungi laman Microsoft.com ini dan klik tombol 'Upgrade Now' buat mengunduh file .exe. Setelah proses download selesai, Anda hanya tinggal menjalankannya saja.

Sumber: Betanews & NetMarketShare. Tambahan: PC Advisor.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter