1. Lifestyle

Berantas Korupsi Anggaran di Game Dana Siluman

Di saat sedang ramai kasus perseteruan antara Gubernur DKI Jakarta dengan DPRD DKI Jakarta, masyarakat di Indonesia ramai-ramai bersuara untuk menunjukan posisi dan dukungan mereka. Game studio bernama Vorir Studio turut menyuarakan aspirasi mereka melalui game berjudul Dana Siluman.

Dana Siluman adalah istilah yang sering kali diungkapkan oleh Pak Ahok terkait dengan markup anggaran yang menurutnya tidak masuk akal. Dalam game yang berjudul Dana Siluman ini, kita akan diajak untuk mengamati berbagai jenis mata anggaran beserta harganya. Tugas kita adalah untuk menemukan harga barang yang dirasa tidak masuk akal dan memilih anggaran yang benar.

Cara memainkannya adalah dengan menyentuh kalimat yang berisi nama barang dan harga yang normal. Akan ada rentetan list nama barang dan harganya yang akan bergerak dari bawah ke atas layar. Setiap ada anggaran yang dirasa normal, maka tugas kita adalah menekan nama barang tersebut. Jika kita salah menekan dana yang ternyata tidak normal, semisal harga kulkas 1 Milyar rupiah, maka permainan akan berakhir.

Info menarik: Beberapa pilihan speaker yang bisa dibeli online

Poin kita akan dikumpulkan untuk tiap anggaran yang kita setujui dan tanpa mark up. Objektif dari game ini adalah untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Namun sayangnya di game ini tidak dicatat highscore kita. Selain itu fitur share ke socialmedia yang ada di dalam game ini juga tidak menyertakan score kita saat bermain. Hal ini tentu membuat game ini jadi seolah tidak memiliki 'tujuan permainan' yang harus dilakukan.

Dari sisi visual, selain karikatur wajah Gubernur DKI, nampak elemen lain di dalam game ini kurang digarap dengan baik, di dalam daftar belanjaan pengejaan nama barang beberapa kali ditemukan tidak tepat.

Saat memainkan game ini, data item yang bisa dipilih pun terasa sangat terbatas sehingga sering kali berulang. Ada pula penerapan harga yang ambigu, semisal helm motor harganya 70.000 dianggap salah sedangkan 100.000 dianggap benar. Kemunculan intertisialads di tengah-tengah permainan juga terasa agak menggangu karena bisa membuat pemain tidak sengaja memencet iklan tersebut.

Namun karena game ini mengangkat topik yang sedang hangat dan sempat dibahas media, bahkan Gubernur DKI sendiri mengatakan sempat menyuruh anaknya mengunduh game ini di hadapan media, maka wajar jika Dana Siluman mendapatkan jumlah download yang tinggi.

Meski demikian, game ini saya pikir bisa digarap dengan baik dan tidak hanya terkesan kejar tayang. Konsep permainannya cukup menarik dan seharusnya bisa menjadi game yang lebih baik jika digarap dengan lebih serius lagi.

Bagi yang ingin mencoba game Dana Siluman, silahkan diunduh di Google Play secara gratis. Meskipun gratis, harap hati-hati akan munculnya popup iklan di dalam game yang cukup intensif dan cenderung mengganggu permainan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again