6 June 2014

by Bambang Winarso

Berapa Jam Waktu Anda Untuk Anak Hari Ini? Pantau Dengan Mini Hug, Aplikasi iOS Baru Bitsmedia

Coba Anda ingat dan jawab pertanyaan di headline artikel ini - berapa jam waktu Anda untuk anak hari ini - atau paling tidak dalam satu minggu terakhir. Mungkin sebagian dari Anda tidak memiliki jawaban yang cukup meyakinkan. Hal inilah yang kemudian melatar belakangi Bitsmedia untuk membuat aplikasi iOS baru bernama Mini Hug.

Mini Hug adalah aplikasi berbasis iOS yang dirancang khusus agar orang tua dan anak dapat menghabiskan waktu bersama lebih banyak dari sebelumnya.

Di Mini Hug ini ada kurang lebih 30 kegiatan yang nantinya dapat Anda lakukan bersama anak, misalnya berenang, mengerjakan pekerjaan rumah, makan siang, bermain game hingga memasak bersama.

Untuk setiap kegiatan yang berhasil dilakukan bersama akan membuahkan poin untuk Anda. Poin-poin itu nantinya akan menjadi tolak ukur aktifitas mana yang paling sering dilakukan dan mana yang paling sedikit.

 

Info Menarik: Moto G di Indonesia Hanya Dijual Secara Online dan Tersedia Eksklusif di Lazada

 

Nantinya para orang tua harus membuat profil untuk masing-masing anak, di setiap profil, orang tua akan mendapatkan daftar kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak. Untuk setiap kegiatan orang tua bisa memperoleh poin berdasarkan durasi waktu yang dihabiskan.

Secara umum hampir mirip jurnal kegiatan, bedanya dengan Mini Hug ini Anda tidak menyelesaikan jadwal kegiatan seorang diri melainkan dengan anak Anda.

Para orang tua dapat melihat kembali catatan kegiatan dan durasinya secara lengkap sesuai dengan profile yang dipilih. Berdasarkan informasi ini orang tua dapat mengetahui seberapa baik peran mereka sebagai orang tua.

Sistem reward sengaja diterapkan oleh pengembang dengan tujuan dapat memotivasi para orang tua untuk lebih melibatkan diri dalam setiap kegiatan anak. Berusaha menyadarkan para orang tua bahwa masa kecil buah hati mereka tidak bertahan selamanya, ada banyak momen indah yang akan terlewatkan jika para orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka.

Aplikasi ini tak hanya istimewa karena diperuntukkan bagi orang tua dan anak, tetapi juga istimewa karena merupakan hasil dari kolaborasi sang CEO Bitsmedia sendiri, Erwan Mace dan anaknya yang berusia 7 tahun, Lia.

"Saat ini kebanyakan orang selalu sibuk, mereka mungkin bahkan tak punya waktu untuk orang yang seharusnya menjadi prioritas nomor satu yaitu anak mereka. Aplikasi Mini Hug diciptakan untuk membantu para orang tua agar dapat mengetahui berapa waktu yang telah dihabiskan bersama anak, dan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan bersama-sama." Ujar Mace bercerita tentang misi aplikasinya khusus untuk para orang tua.

Mini Hug dapat Anda unduh dari App Store sekarang secara gratis dan dapat berjalan di iPhone dengan iOS 7 ke atas, iPad dan iPod touch.