Categories

Berita

Berbagi Berkas di Friendfeed

Rama Mamuaya - 25 June 2009

Friendfeed, situs layanan bulletin board yang populer baru saja mengumumkan peluncuran fitur file-sharing di dalam situsnya. Untuk melakukan hal ini anda hanya cukup meng-klik “Files” dibawah kotak Post dan pilih berkas yang ingin anda bagi, kurang lebih sama seperti Koprol.

Selain itu anda juga bisa mengirimkan berkas via email attachment yang dikirimkan ke Friendfeed. Fitur ini merupakan permintaan dari banyak pihak terutama organisasi-organisasi yang menggunakan Friendfeed sebagai alat komunikasi internal.

Fitur ini masih dibatasi oleh ukuran file, namun Friendfeed mengklaim kemungkinan untuk melebihi batas ukuran file sangatlah kecil. Format data-pun belum dibatasi oleh Friendfeed, anda bahkan diijinkan untuk mengunggah file MP3 meskipun dibatasi maksimal 3 berkas per hari untuk meminimalisir penyebaran MP3 ilegal. Sepertinya Friendfeed mulai ingin memasukkan dukungan audio Podcast dengan menambahkan built-in MP3 player, namun di sisi lain juga harus berhati-hati dengan penyebaran MP3 ilegal yang bisa menjadi bumerang bagi Friendfeed.

Sayangnya Friendfeed belum berani untuk menambahkan dukungan video, padahal pasar video publisher di Friendfeed lumayan besar, apalagi dengan salah satu dedengkot video-podcaster Scoble yang menjadi pengguna aktif di Friendfeed.

Friendfeed sendiri mengakui bahwa strategi penambahan fitur ini adalah sebuah langkah untuk mendukung pengguna organisasi yang menggunakan Friendfeed menjadi alat kolaborasi. Tentu saja kalau sudah mengarah ke organisasi akan jauh lebih mudah untuk me-monetizenya bukan?

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter