Event

Berbasis Komunitas, Ini Tips Meniti Karir di Dunia NFT!

Pelajari tips dan best practice dunia NFT di event #SelasaStartup!

Kata NFT mulai banyak diperbincangkan oleh khalayak ramai di Indonesia. Walaupun terbilang cukup baru, komunitas penikmat karya seni digital ini pun sudah semakin mudah ditemui di Indonesia. Para kreator berbakat dari berbagai latar belakang dan kolektor seni pun mulai banyak merambah ke dunia NFT.

Di Indonesia sendiri, bisa dikatakan fenomena viralnya Ghozali Everyday yang meraup untung Rp1,5 Miliar dari penjualan NFT-nya membantu menyebarkan lebih luas konsep NFT dengan cepat ke berbagai kalangan.

Senada dengan hal ini, Irvin Domi selaku NFT Enthusiast & Gallery Keeper RURU Gallery pada acara #SelasaStartup 15 Maret 2022 lalu, mengatakan keunikan dan konsistensi dari kreator NFT lah yang membuat karya NFT bisa terkenal dan laku dijual.

Domi juga menambahkan, kriteria karya NFT yang bagus terkadang subjektif, tetapi poin krusial menurut pandangannya adalah bagaimana kreator NFT memperlakukan sesama kreator lain dan atau kolektornya. Menurutnya, NFT berbasiskan komunitas, sehingga penting untuk menjaga ekosistem dan menjalin hubungan di dalamnya bukan sekadar jual-beli dan ingin untung besar saja.

Proses, Istilah, dan Strategi

Bagi yang ingin mencoba menjadi kreator dan kolektor NFT, Domi bersama host #SelasaStartup Wiku Baskoro, Co-founder Hybrid.co.id, membahas secara runut alur proses masuk ke dunia NFT. Mulai dari persiapan membuka akun digital wallet khusus kripto, memilih marketplace NFT dan strategi bagaimana menjual dan membeli karya NFT.

Alur Proses

Dijelaskan oleh Domi, hal yang paling mendasar adalah mengerti terlebih dahulu konsep blockchain, lantas setelahnya membuat akun digital wallet kripto untuk bisa masuk ke marketplace NFT, ia menyontohkan memakai crypto wallet Kukai. Proses membeli koin kripto pun mudah seperti money changer saja di berbagai platform seperti Indodax ataupun Tokocrypto. Perlu di perhatikan juga dompet digital harus disesuaikan pula dengan jenis token yang tersedia. Seperti Kukai yang memakai koin tezos dan marketplace pun menyesuaikan yang bisa menerima koin tezos ini. Setelah dompet digital kripto siap, dengan mudahnya Anda bisa langsung berselancar hunting karya-karya NFT yang ingin dikoleksi.

Istilah-Istilah Dasar

Di rangkum dari #SelasaStartup berikut adalah beberapa istilah dasar dalam dunia NFT: 1. Flipper

Orang yang sering membeli karya NFT yang diprediksi akan populer dan menjualnya kembali ke kolektor yang tidak sempat ikut lelang.

2. Creator

Orang yang membuat karya NFT dan menjualnya tetapi terkadang membeli juga, namun fokusnya adalah menciptakan karya 3. Minting 

Mengunggah karya

4. Listing

Menjual karya

5. Marketplace

Seperti marketplace biasa pada umumnya, tempat jual-beli karya NFT.

6. Edisi

Kopi atau eksemplar bila di dunia penerbitan buku. Di NFT karya juga bisa ditentukan ingin dijual sedikit atau sebanyak apa.

7. Royalti

Yang menjadi ciri khas NFT dan berkontribusi baik bagi para kreator adalah sistem royaltinya. Kreator akan terus dapat royalti dari karya NFT yang dijual kembali oleh koletor.

Strategi Bermain di Dunia NFT

Bagi kreator pemula, Domi menyarankan membangun ‘nama’ dahulu dan selalu konsisten berprogres. Ketika ingin menjual pun, disarankan dimulai dengan harga rendah sehingga diharapkan lebih banyak yang tertarik membeli dan menyebarkan karya-karya NFT Anda. Satu yang Domi tekankan sebelum menutup sesi #SelasaStartup, NFT adalah sektor yang berbasiskan komunitas, sehingga perlu untuk menjaga ekosistem dengan menjalin hubungan dengan para pelaku di industri NFT.

Diprakarsai oleh hal ini, Anda bisa bertemu dan berkoneksi dengan berbagai komunitas NFT sekaligus menikmati karya NFT secara langsung di dunia nyata dengan mengikuti acara Indo NFT Festiverse yang akan berlangsung secara offline pada tanggal 9 - 17 April 2022 di Galeri R.J. Katamsi Yogyakarta secara gratis. Mendukung pameran NFT ini, NFT marketplace pertama di Indonesia, TokoMall, pun turut mensponsori acara ini.

Tak ketinggalan, DailySocial.id juga akan turut serta hadir meliput dan menyajikan suguhan diskusi menarik dalam talkshow yang akan disiarkan melalui streaming pada akun Youtube Live dan Instagram Live DailySocial.id. Anda bisa berkunjung ke langsung ke laman art-popup.com untuk informasi dan pemesanan.

Bila ingin mengetahui lebih dalam terlebih dahulu, Anda juga bisa mengikuti webinar #SelasaStartup pada tanggal 22 Maret 2022 nanti yang akan menjelaskan lebih lanjut detil acara Indo NFT Festiverse ini di sini.

Daftar #SelasaStartup “Art at The Junction With Tech”: http://dly.social/ssxnft3

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter