7 January 2016

by Yoga Wisesa

Berbekal Eye-Tracking, MSI GT72S Tobii Diklaim Sebagai Laptop Gaming Tercanggih Saat Ini

Walaupun sudah dipamerkan di CES 2016, MSI belum merilis informasi mengenai spesifikasi GT72S Tobii secara detail.

Di ranah gaming, nama Tobii mulai terdengar di pertengahan 2014. Saat itu mereka diketahui digaet SteelSeries untuk mengembangkan sistem eye tracker Sentry. Lalu kurang lebih setahun setelahnya, teknologi ini diadopsi MSI, dan ditanamkan dalam notebook gaming. Unit tersebut kabarnya hanya sebuah purwarupa, belum jelas apakah MSI akan memasarkannya atau tidak.

Di CES 2016, MSI mengungkap sebuah kejutan. Mereka mengumumkan bahwa perangkat berteknologi canggih tersebut akan dihadirkan buat konsumen, ditanamkan di salah satu varian high-end. MSI memperkenalkan GT72S Tobii. Lewat kemampuan unik, sang produsen PC dan hardware asal Taiwan itu tak ragu mengklaim GT72S Tobii sebagai laptop gaming paling canggih di dunia.

Implementasi teknologi Tobii tampaknya serupa seperti yang saya jajal di Computex Taipei 2015 silam. Di sana, sistem eye tracker dibenamkan di unit GT72. Device memanfaatkan sensor inframerah Tobii EyeX. Ia ditunjukkan oleh tiga lampu menyala, diposisikan dekat engsel layar. Dengan GT72S Tobii, MSI resmi menjadi produsen notebook bersistem eye-tracking Tobii pertama.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa kira-kira gunanya EyeX Tracking? Dan apakah ia hanyalah sekedar gimmick? Tentu beberapa bidang akan sangat terbantu, contohnya untuk boardcaster dan kalangan antusias video-streaming. GT72S Tobii dapat melacak arah mata, sehingga penonton bisa mengetahui objek yang sedang dilihat sang streamer. Di gaming, navigasi jadi lebih sederhana karena Tobii mengetahui ke mana Anda melihat.

Assassin's Creed Rogue merupakan permainan kelas blockbuster pertama yang mendukung Tobii. Judul-judul permainannya kian bertambah, kini meliputi Arma 3, Microsoft Flight Simulator, Euro Truck Simulator, DayZ, Elite: Dangerous, sampai Tom Clancy's The Division. Menggunakan EyeX dalam game membutuhkan sedikit adaptasi, tapi pada prakteknya cukup mudah. Misalnya di Rogue, untuk menggerakkan kamera, Anda tinggal melihat area ujung layar - menggantikan fungsi mouse.

Walaupun sudah dipamerkan di panggung CES, MSI belum merilis informasi mengenai spesifikasi GT72S Tobii secara detail. Namun melihat wujud dan nama serinya, kemungkinan MSI mengusung GT72 tipe Dominator. Setidaknya, keberadaan GeForce GTX 980M hampir bisa dipastikan. Dan saya cukup yakin produsen tak lupa membubuhkan prosesor Intel Skylake, memori DDR4, dipadu fitur-fitur eksklusif khas MSI.

Berdasarkan informasi dari Tom's Hardware, GT72S Tobii akan diluncurkan di akhir bulan Januari 2016 dan dibundel bersama Tom Clancy’s The Division. Notebook ini dijajakan mulai dari harga US$ 2.500.

Via The Verge & MSI. Header: Engadget.