1 July 2016

by Yoga Wisesa

Berbekal Teknologi Robotik, Kamera Idolcam Janjikan Hasil Selfie Terbaik

Idolcam dibekali gimbal stabilizer tiga-poros, dipadu keleluasan gonta-ganti lensa layaknya kamera profesional, ditambah lagi sistem pencahayaan mandiri.

Meskipun self-portrait sudah dilakukan lebih dari seabad silam, kepopularitasan 'seflie' baru meroket dengan kehadiran kamera di smartphone. Dan di era modern ini, kemampuan selfie seringkali menjadi salah satu faktor pertimbangan calon konsumen saat ingin membeli handset baru. Bagi produsen, kegemaran ini turut menyumbang angka penjualan yang signifikan.

Sudah ada berbagai macam device selfie dengan beragam rentang harga, namun tim AeriCam dari San Francisco mencoba menuangkan keahlian mereka dalam menggarap produk unik. Developer drone dan stabilizer kamera yang biasa berkerja buat Hollywood itu memperkenalkan Idolcam, kamera saku robotik, menjanjikan hasil foto pribadi istimewa, seolah-olah Anda memiliki kru fotografer/videographer sendiri.

Tak seperti produk-produk AeriCam sebelumnya, Idolcam lebih diorientasikan ke konsumen umum. Developer mendeskripsikannya sebagai 'kamera kecil ber-steroid'. Di gambar render 3D, Idolcam memiliki wujud yang tidak biasa, namun ukurannya tetap mungil sehingga bisa dimasukkan dalam saku. Perangkat tersebut juga dapat menjadi ekstensi smartphone Anda dengan menyambungkannya secara wireless, bekerja hingga jarak 12 meter.

Anda bisa mengustomisasi pencahayaan Idolcam.

Idolcam dibekali gimbal stabilizer tiga-poros, dipadu keleluasan gonta-ganti lensa layaknya kamera profesional, ditambah lagi sistem pencahayaan mandiri. Lalu di mana kemampuan robotiknya? Sistem gyro 3-axis di sana ditenagai komputer yang didukung gyroscope 6-axis and accelerometer 6-axis, sehingga kamera bisa bergerak sangat cepat. Dengan begini, tidak ada lagi hasil blur ataupun terdistorsi.

Sejauh ini, detail mengenai Idolcam masih terbilang minim. AeriCam hanya bilang bahwa kreasi mereka sudah meliputi segala fitur di action cam GoPro 4 Silver plus gimbal 3X . Idolcam mampu merekam video di resolusi 4K dengan 24fps dan mengabadikan foto still sebesar 12-megapixel. Menariknya lagi, perangkat bisa dipasangkan ke beragam jenis lighting untuk menangani skenario berbeda, contohnya: buat foto grup, self-portrait, hingga lighting ring.

AeriCam paham kegiatan pengambilan foto dan video tidak hanya dilakukan di lokasi-lokasi aman. Mereka merancang Idolcam agar bisa menemani Anda di berbagai aktivitas outdoor, bahkan dapat dipasangkan ke mainan mobil remotecontrol serta drone quad-copter. Pastikan saja Anda menggunakan tipe lensa yang tepat, ada opsi 20mm (bundel standar), 24mm dan 35mm. Di waktu ke depan, developer menjanjikan lebih banyak pilihan lensa.

Rencananya, AeriCam akan memulai kampanye crowdfunding Idolcam di Indie Gogo tidak lama lagi. Saya duga, info rinci mengenai spesifikasi dan harga juga akan diungkap di sana.

Sumber: AeriCam.