Categories

Game

Berdasarkan Statistik, Bethesda Softworks Mendominasi E3 2015

Yoga Wisesa - 24 June 2015

Seusai E3 berakhir tiap tahun, media gaming langsung membuat rangkuman daftar permainan terbaik di sana. Mereka juga tidak lupa memberikan opini mengenai siapa yang berhasil menyajikan konferensi terbaik. Pemenangnya berbeda-beda, berdasarkan persepsi masing-masing pihak, tapi tiga nama memang acap kali disebut: Microsoft, Sony dan Nintendo.

Ajang Electronic Entertainment Expo kali ini terbilang spesial. Mengikuti para publisher raksasa itu, untuk pertama kalinya Bethesda Softworks turut naik panggung. Pengumuman Fallout 4 dan tanggal rilis yang ternyata sangat dekat merupakan kejutan sangat menyenangkan bagi gamer. Namun bagaimana nasib Bethesda jika dibandingkan dengan tiga brand sepuh di atas? Tim analis ICO Partners mengusung metode unik demi mencari pemenang E3 2015.

Ketimbang ikut-ikutan mengutarakan pendapat, ICO membiarkan statistik yang berbicara. Buat mencapai tujuan, mereka mengumpulkan data mengenai jumlah liputan dari pers. Baik Sony, Microsoft dan Nintendo memang sukses menyuguhkan presentasi solid, tapi satu judul milik Bethesda terbukti mendominasi permainan-permainan lain, termasuk kandidat kuat semisal Final Fantasy VII Remake, Shenmue III, The Last Guardian hingga Halo 5.

Game tersebut mungkin bisa mudah ditebak, ia adalah Fallout 4. Sekuel ketiga permainan bertema post-apocalypse itu menjadi pokok pembahasan utama di lebih dari 3.500 artikel di pekan berlangsungnya E3 2015. Walaupun ‘performa’ Sony terbilang mengesankan, hanya satu permainan mereka yang mendapatkan porsi exposure di atas 2.000 artikel, yaitu FFVII Remake. Kemudian di urutan ketiga, Bethesda mengamankan posisinya dengan Doom.

Di acara Bethesda Softworks, pengungkapan Fallout 4 sengaja dilakukan paling akhir demi membangun klimaks sempurna, dilaksanakan lebih dahulu dari publisher-publisher lain. CEO ICO Thomas Bidaux menuturkan, “Tidak diragukan lagi Bethesda ialah pemenang sesungguhnya. Mereka secara pintar mengelola event, dan saya penasaran kira-kira siapa yang tahun depan mencoba mengambil giliran presentasi di hari Minggu [malam]?”

Info menarik: Round-up Presentasi Bethesda Softworks di E3 2015

Bidaux sebelumnya skeptis terhadap keputusan Bethesda itu. Presentasi membutuhkan biaya sangat besar dan menjadi beban berat bagi tim buat mengeksekusinya secara sempurna, apalagi mereka akan dikomparasi serta berhadapan langsung dengan nama-nama yang jauh lebih berpengalaman. Sejauh ini Bethesda boleh dibilang ‘main aman’ lewat konferensi Quakecon.

Jika fokus pada platform gaming saja, Sony PlayStation meraih total artikel terbanyak, melampaui Microsoft Xbox dan Nintendo. Menariknya, angka Sony dan Nintendo tampak merosot dari tahun lalu, sedangkan Microsoft memperoleh lompatan signifikan. Apakah ini karena fitur backward compatibility Xbox One?

Sumber: ICO Partners. Gambar header: Facebook Fallout.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter