Categories

Gadget

Berdesain Modular, Drone Fathom One Lebih Pandai Menyelam Ketimbang Mengudara

Bisa dipasangi sejumlah aksesori pendukung, serta hanya perlu dikendalikan dengan smartphone atau tablet

Glenn Kaonang - 16 August 2016

Drone yang kita kenal selama ini selalu diasosiasikan dengan aerial videography maupun photography. Namun sebentar lagi bakal ada drone yang ingin tampil beda dari yang lain. Namanya Fathom One, dan ia lebih pandai menyelam di bawah air ketimbang mengudara.

Pada kenyataannya, drone ini sama sekali tidak bisa terbang. Kita sudah punya banyak pilihan untuk mengambil gambar dari udara, tapi bagaimana dengan di bawah air? Ketimbang harus menyiapkan perlengkapan menyelam, serahkan saja tugasnya kepada Fathom One.

Fathom One unik bukan semata karena ia bisa menyelam hingga kedalaman 150 meter, tetapi juga karena desainnya yang modular. Hal ini jelas membuka potensinya untuk berbagai keperluan dengan bantuan aksesori, dan di saat yang sama ia juga mudah dibawa-bawa karena bisa dibongkar-pasang.

Fathom One bisa dibongkar-pasang dan ditambahi aksesori pendukung untuk menambah fungsionalitasnya / Fathom Drone

Paket standarnya mencakup sebuah mesin pendorong dengan kecepatan sekitar 5,4 km/jam, kamera full-HD, dan sepasang lampu LED yang sangat terang untuk menjelajah sudut-sudut laut yang gelap. Pengguna juga bisa memasangkan lampu LED ekstra di bagian perut drone atau GoPro dengan bantuan mount khusus.

Untuk mengendalikan Fathom One, pengguna hanya memerlukan smartphone atau tablet. Fathom One datang bersama sebuah pemancar sinyal Wi-Fi yang bisa mengapung di atas air. Pemancar ini tersambung ke bodi dronevia kabel sepanjang 30 meter, memastikan agar drone tidak tertinggal di dasar laut begitu saja ketika baterai berdaya tahan 45 menit-nya habis.

Pihak pengembang Fathom One rencananya bakal membuka kampanye crowdfunding di Kickstarter mulai tanggal 30 Agustus mendatang. Harga retail-nya diperkirakan berkisar $600 untuk paket standarnya.

Sumber: New Atlas dan Fathom.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter