18 August 2016

by Glenn Kaonang

Berdesain Unik, HP Omen X Desktop Siap Lahap 4K atau VR Gaming dengan Mudah

Desainnya bukan sekadar untuk gaya-gayaan saja, tetapi juga bermasuk menambah fungsionalitas

Bulan Mei kemarin, HP memperkenalkan lini perangkat gaming besutannya, Omen. Sejauh ini sudah ada sebuah laptop, PC desktop, monitor, kemudian disusul oleh prototipe VR backpack. Namun HP tampaknya belum puas, hingga akhirnya mereka mengungkap perangkat lain dari lini Omen yang sangat menarik.

Dijuluki Omen X Desktop, wujudnya sangat tidak biasa: berbentuk kubus dan diposisikan dalam keadaan miring dengan sepasang 'kaki' kecil yang menumpu. Tentu saja, desain semacam ini bukan sekadar untuk gaya-gayaan, tetapi juga bermaksud menambah fungsionalitas.

Desain unik HP Omen X Desktop memastikan sirkulasi udara berjalan dengan lancar / HP

Utamanya adalah perihal sirkulasi udara. Dalam Omen X Desktop, hawa panas yang berasal dari prosesor, GPU dan hard drive akan disalurkan keluar melalui bilik yang berbeda sehingga semua komponen tersebut bisa tetap adem, apalagi ditambah bantuan sistem liquid cooling.

Spesifikasinya juga tidak main-main, bahkan konfigurasi terendahnya saja sudah bisa melahap 4K maupun VR gaming dengan berbekal prosesor Intel Core i7, GPU AMD Radeon RX 480, RAM 8 GB DDR4, HDD 2 TB dan SSD 256 GB. HDD-nya ini terpasang pada kompartemen khusus sehingga mudah sekali dilepas-pasang. Port USB-nya juga sangat melimpah, total ada 8 port USB 3.0 dan 2 port USB-C.

Panel belakang HP Omen X Desktop dihuni sederet port USB / HP

Konfigurasi tertingginya jangan ditanya, dimana HP menawarkan antara sepasang GPU Nvidia GeForce GTX 1080 atau sepasang AMD Radeon R9 Fury X. Namun yang lebih menarik, HP juga berencana memasarkan casing Omen X Desktop saja untuk penggemar PC rakitan.

HP Omen X Desktop kabarnya bakal dijual seharga $1.800 untuk konfigurasi terendahnya seperti dirincikan di atas. Casing-nya sendiri akan dijajakan seharga $600.

Sumber: The Verge dan HP.