Pengalaman pengguna, data, dan analisis merupakan tiga hal yang saling terikat dan menjadi salah satu perhatian khusus banyak bisnis belakangan ini. Banyaknya data dan alat untuk mengolah data menjadi pendukung yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Data-data tersebut banyak berfungsi sebagai pertimbangan untuk keputusan-keputusan teknis, seperti fitur apa yang dibutuhkan, bagaimana desain yang user experience yang dibutuhkan, dan beberapa lainnya. Intinya data sebagai bahan bakar utama.

Mengetahui keinginan dan preferensi personal

Hal pertama dan utama yang sering dimanfaatkan dari data pengguna adalah keinginan dan preferensi. Data-data ini berkaitan dengan kebiasaan dan kenyamanan pengguna terhadap sebuah layanan atau produk. Bisa juga mengenai item atau produk favorit yang sering dicari. Pada intinya personalisasi membutuhkan data-data tersebut.

Menampilkan apakah sebuah layanan bekerja atau tidak

Data pengguna selain bisa menjadi refrensi untuk menyajikan preferensi layanan juga bisa digunakan untuk menganalisa sebuah layanan bekerja dengan baik atau tidak. Setidaknya diterima oleh pengguna atau tidak. Terkadang meski fitur tersebut dinilai membantu tapi tidak atau belum benar-benar dibutuhkan. Data pengguna di sini berperan untuk mengetahui hal tersebut.

Membantu merespon lebih cepat

Di era sekarang pasar bergerak dengan cepat dari sebelumnya dan pengguna bisa dengan mudah menyuarakan pendapatnya lebih sering dibanding waktu sebelumnya. Di sinilah data pengguna berperan sebagai fasilitator untuk membantu bisnis merespon perubahan-perubahan tersebut dengan cepat. Setidaknya bisnis bisa lebih dini mengetahui gejala-gejala yang terjadi di pasar.

Membantu memprediksi

Selain membantu mengetahui gejala perubahan pasar lebih cepat data-data pengguna juga berperan lebih dalam memprediksi tren yang akan terjadi. Bukan menebak dan meramal berdasarkan analisis yang disajikan oleh data-data terdahulu. Itu mengapa nilai dari data-data yang ada sekarang mulai dieksplorasi menggunakan alat atau layanan khusus. Dan pada akhirnya data bisa membantu sebuah bisnis menuju kesuksesan hanya saja perlu pengolahan dan analisis yang tepat dengan data-data yang valid.