Saat ini sudah banyak startup yang hadir menawarkan ide serta inovasi yang diklaim mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Ada yang berhasil namun banyak pula yang tidak bisa melakukan eksekusi dengan baik terhadap ide startup yang dimiliki. Beberapa kasus di Silicon Valley bahkan para entrepreneur muda banyak yang meminta perjanjian atau peraturan terlebih dahulu kepada pihak terkait, saat melakukan pitching atau pertemuan bisnis. Tujuannya sederhana, agar ide yang dimiliki tidak dicontoh oleh kompetitor atau pihak lain.

Namun demikian ide startup yang terlihat cerdas dan luar biasa, akan menjadi percuma jika tidak mampu memberikan solusi atau membantu pengguna untuk memudahkan rutinitas atau pekerjaan mereka. Untuk itu mindset atau pemikiran pun harus diubah, jangan lagi fokus ke ide yang super kreatif, namun lebih kepada bagaimana caranya menemukan masalah yang layak untuk di carikan solusinya.

Artikel berikut bisa membantu Anda untuk menemukan inspirasi, masalah di sekitar, dan solusi terbaik yang bisa dimanfaatkan hingga dikembangkan untuk startup.

Lebih peka kepada lingkungan sekitar

Tanpa disadari saat ini masih banyak orang-orang di lingkungan sekitar yang kesulitan hingga membutuhkan pertolongan dalam hal pekerjaan hingga kebutuhan sehari-hari. Karena tantangan dan kendala yang ada, mereka pun cenderung untuk menerima bahkan mengabaikan masalah tersebut dan harus pasrah dengan situasi yang ada. Salah satu cara terbaik untuk mencari solusi terbaik dari kendala serta masalah, adalah dengan mencermati dengan baik lingkungan sekitar. Buka mata dan telinga, cari tahu kesulitan dan ciptakan solusi terbaik untuk bisa mempermudah kehidupan orang-orang.

Membaca buku dan menonton film sci-fi

Cara yang satu ini bukan hanya menyenangkan namun mampu menggali kreativitas lebih dalam. Entrepreneur ternama yang kerap melakukan kegiatan ini adalah Elon Musk. Sudah banyak ide-ide menarik yang kemudian diwujudkan Elon Musk setelah membaca dan menyaksikan film-film sci-fi (science fiction) berkualitas. Jika Anda ingin tampil beda dan hadir dengan produk hingga layanan yang cukup outsideĀ of the box, mulailah kegiatan membaca dan menonton film-film sci-fi.

Coba kegiatan yang baru

Kegiatan yang kita lakukan setiap hari bisa menjadi ide yang menarik dan berhasil untuk startup. Sudah banyak startup asing hingga lokal yang menawarkan layanan serta produk bukan berbasis teknologi, namun lebih kepada kebutuhan sehari-hari. Sebut saja layanan transportasi ojek on-demand dari Go-Jek, Go-Food, penginapan rumah dan apartemen dari Airbnb, pembelian tiket pesawat dan pemesanan hotel dari Traveloka. Semua berangkat dari kebutuhan sehari-hari hingga hobi yang saat ini makin digemari.

Tanyakan langsung kepada orang-orang di sekitar

Melakukan aktivitas secara langsung terbukti menjadi cara yang cukup efektif untuk menemukan ide baru startup. Anda tidak harus menanyakan ke orang banyak, cukup lingkungan atau komunitas yang menarik perhatian dan tentunya layak untuk dicermati. Dari kegiatan tersebut nantinya Anda bisa mengenal lebih jauh harapan, kendala serta keinginan dari mereka. Dengan melakukan kegiatan ini, Anda bisa melihat secara langsung masalah yang ada dan akan terpancing untuk menemukan solusi yang terbaik.