Categories

Feature

Beri Perhatian Lebih Pada Kualitas Data Bisnis Anda

Bisa dilakukan dengan menyediakan investasi lebih di awal tahun untuk mengoptimalkan data

Prayogo Ryza - 15 June 2016

Saat ini data memegang peranan penting dalam keberlangsungan bisnis banyak perusahaan mulai mengetahui bahwa mereka sedang menghadapi ancaman kualitas data. Selanjutnya muncul sebuah anggapan bahwa sulit untuk mengerti dan mengekstrak nilai dari data-data dengan kualitas buruk tersebut. Bahkan beberapa melewatkan investasi untuk memperbaiki kualitas data pada pembagian anggaran di akhir tahun. Jika tidak dimulai dari sekarang untuk memperhatikan kualitas data, akan ada beberapa momentum penting yang terlewatkan.

Data dalam situasi sekarang ini menjadi berlimpah. Kehidupan masyarakat yang saling terhubung memberikan sumbangsih data yang besar tiap harinya. Bisnis harus menerima fakta tersebut dan berusaha mengambil manfaat darinya.

Mulai dari kegiatan marketing, pertimbangan inovasi dan kegiatan lain membutuhkan data-data. Manajemen pun harus mulai bertransformasi untuk menghasilkan data berkualitas, di mulai dari cara mengumpulkannya hingga menjamin sumber-sumber data.

Setelah peduli masalah kualitas data, selanjutnya permasalahan-permasalahan harus mulai diuraikan dan diperbaiki satu persatu. Masalah-masalah seperti duplikasi data,  dan memperbaiki masalah manajemen yang dapat menurunkan kualitas data. Menambah peralatan dan tenaga ahli di bidang data dan analisis menjadi beberapa hal yang bisa dilakukan sambil terus fokus pada peningkatan kualitas data.

Meski pada akhirnya kita tidak bisa menjamin 100 persen data yang dihasilkan adalah kualitas baik, tapi setidaknya perlahan-lahan untuk meningkatkan kualitas data yang ada. Mengenali kesalahan, mempelajarinya dan menerapkan perbaikan untuk memastikan data mengalami perbaikan kualitas.

Data pada akhirnya akan memegang peranan penting dalam bisnis. Mendapatkan dan menganalisisnya saja tidak cukup. Kualitas data harus diperhatikan dan terus ditingkatkan. Semakin baik kualitas data akan semakin akurat wawasan yang didapat darinya. Langkah yang bisa diambil bisa diawali dengan memberikan investasi lebih di sektor data dan pengelolaannya. Melakukan pembaruan di perangkat lunak dan kemampuan pegawai juga menjadi langkah yang penting.

- Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter