29 September 2012

by wiku

Berikut Beberapa Produk Yang 'Dibersihkan' Google Dalam Program 'Spring Cleaning' Tahun Ini

Seperti halnya tahun lalu, Google tahun ini melakukan pembersihan beberapa produk agar mereka bisa lebih fokus untuk mengembangkan produk yang bisa lebih memberi manfaat bagi pengguna. Secara total jumlah produk atau layanan yang ditutup Google sudah berjumlah kurang lebih 60 sejak 'pembersihan' tahun lalu. Berikut beberapa produk yang dimatikan untuk tahun ini.

AdSense untuk Feeds. Mulai dari Oktober 2 fitur ini akan dihentikan, dan tanggal 3 Desember akan benar-benar ditutup. Google menyarankan penerbit yang ingin mendapatkan iklan dari RSS feeds untuk menggunakan FeedBurner URL yang didukung oleh Google. Info bisa dilihat di sini.

Classic Plus. Fitur untuk mengunggah foto pilihan sendiri untuk latar belakang di Google.com ini akan dihentikan, pengguna tidak akan bisa mengunggah gambar lagi mulai bulan 16 Oktober dan akan dihentikan seluruhnya bulan November 2012.

Pengubahan jumlah penyimpanan layanan Google Picasa dan Drive. Pengguna akan mendapatkan 5 GB fasilitas penyimpanan gratis untuk di Picasa dan Google Drive. Sedangkan untuk pengguna berbayar, akun free mereka akan dihitung dengan total jumlah penyimpanan yang mereka pesan.

Places Directory. Aplikasi Android yang memungkinkan pengguna menemukan tempat terdekat sesuai dengan ketertarikan ini akan ditarik dari Google Play. Pengguna bisa menikmati berbagai fitur dari aplikasi ini di Google Maps.

Selain berapa hal di atas, layanan yang ditutup Google dalam pembersihan kali ini antara lain adalah Spreadsheet Gadgets, Google News Badges, laporan +1 dalam Webmasters Tools, serta satu lagi Google telah menyatukan layanan Insights untuk pencarian di Google Trends yang telah diperbaharui.

Penutupan berbagai layanan ini dilakukan Gogole agar mereka bisa fokus untuk berbagai layanan yang benar-benar penting untuk dijadikan fokus pengembangan dan mengurangi yang kurang memberikan manfaat paling sedikit. Informasi lengkap tentang berbagai layanan atau produk yang ditutup Google bisa dibaca di blog resmi Google.

Via: AllThingsD.